Transmart Padang batasi kunjungan 3.500 orang per jam saat libur lebaran

id Padang,Sumbar,Transmart

Transmart Padang batasi kunjungan 3.500 orang per jam saat libur lebaran

Petugas melakukan pengecekan suhu bagi pengunjung yang masuk Transmart Padang, Minggu (ANTARA/Mutiara) (ANTARA/Mutiara Ramadhani)

Padang, (ANTARA) - Transmart Padang menerapkan pembatasan jumlah pengunjung sebanyak 3.500 orang per jam guna mengantisipasi lonjakan pengunjung yang datang dari berbagai daerah akibat penutupan objek wisata di beberapa wilayah di Sumbar.

General Manager Transmart Padang Yudi Siswanto di Padang, Minggu mengatakan pembatasan pengunjung telah dilakukan sejak hari pertama lebaran dengan saling berkoordinasi dengan petugas di pintu masuk dan parkiran.

"Kami ada tim sekuriti pada cek suhu tubuh langsung dihitung jumlah pengunjung lalu dilaporkan tiap jam dan akan ditotalkan kalau sudah lebih 3.500 akan kita stop dulu, sedangkan kapasitas transmart bisa menampung 8.000 pengunjung dengan jarak satu meter per orang" ucapnya.

Selain itu pihaknya juga membatasi jumlah pengunjung di wahana permainan. Tim di wahana tersebut akan memeriksa kepadatan pengunjung. Bila sudah padat, pengunjung di lantai satu baru boleh naik ke atas apabila pengunjung yang di atas sudah turun.

Yudi mengatakan jumlah pengunjung pada libur lebaran tahun ini jauh meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya mencapai 10 ribu orang.

"Sedangkan tahun ini terjadi peningkatan jumlah pengunjung mencapai 40 ribu orang per hari dibanding hari biasa yang hanya mencapai 20 ribu orang," kata

Selain itu dari sisi penjualan, Transmart Padang juga mengalami peningkatan lebih dari 50 persen sejak Ramadhan dan Idul Fitri 1442 Hijriah.

Menurut dia, selain akibat penutupan objek wisata, faktor lain meningkatnya pengunjung ke pusat perbelanjaan tersebut karena sudah banyak masyarakat yang divaksinasi, dan tingginya kesadaran masyarakat untuk selalu memakai masker kemanapun berpergian.

Lebih lanjut, Yudi mengatakan rata-rata pengunjung yang datang 70 persen dari Padang dan 30 persen dari luar kota.

"Hal itu bisa dilihat dari banyaknya bus luar kota yang parkir dengan membawa rombongan ke Transmart Padang. Cara lain mengetahui pengunjung luar kota ditandai banyaknya pengunjung yang bertanya arah kepada petugas sebab biasanya mereka berasal dari luar kota," ujar dia.

Yudi mengimbau kepada pengunjung agar tetap menjaga protokol kesehatan saat berkunjung Transmart. ia juga berterima kasih pada pengunjung yang telah memilih Transmart sebagai lokasi libur lebaran.

"Namun, pengunjung harus memperhatikan protokol kesehatan sebab Padang masih dalam zona oranye yang artinya kita masih belum bisa bebas beraktivitas di luar. Patuhi prokes dimanapun berada khususnya di Transmart Padang," ujar dia.