Wako ajak pengurus Masjid bentuk lembaga keuangan mikro, ini tujuannya

id Berita Solok, berita Sumbar, pemko solok

Wako ajak pengurus Masjid bentuk lembaga keuangan mikro, ini tujuannya

Wali Kota Solok Zul Elfian Umar saat mengunjungi Masjid Raudhatul Jannah (Antara/HO-Prokomp Kota Solok)

Solok, (ANTARA) - Wali Kota (Wako) Solok Zul Elfian Umar mengajak pengurus dan jamaah Masjid Raudhatul Jannah agar membentuk lembaga keuangan mikro berbasis masjid untuk membantu masyarakat yang kurang mampu.

"Lembaga keuangan berbasis masjid diharapkan dapat menghindarkan jamaah dari meminjam ke lembaga keuangan yang mempunyai bunga tinggi," ujar Koordinator Tim Safari Ramadhan I Zul Elfian Umar saat mengunjungi Masjid Raudhatul Jannah Kelurahan PPA, Senin malam (19/4).

Selain itu, ia juga mengajak jamaah agar rajin bersedekah karena menurutnya pada bulan Ramadhan yang penuh berkah ini pahala bersedekah dan membantu orang-orang yang kurang mampu akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

"Sedekah merupakan bekal yang akan kita bawa untuk menempuh kehidupan yang abadi setelah kematian nanti," kata dia.

Untuk itu, ia mengajak agar masyarakat memperbanyak beramal karena harta yang akan dibawa ke akhirat adalah harta yang kita sedekahkan, sedangkan harta yang ditinggalkan akan menjadi ahli waris.

Ia juga mengimbau seluruh jamaah yang memiliki kelebihan rezeki untuk menyalurkan zakat melalui Baznas Kota Solok.

Ia mengatakan zakat yang diserahkan ke Baznas Kota Solok sepenuhnya dibagikan ke penerima zakat. Bahkan tidak ada zakat yang terpakai untuk operasional Baznas, karena biaya operasional Baznas menjadi tanggungan Pemerintah Daerah dalam APBD.

"Pemerintah Kota Solok melalui Tim Ramadhan juga memberikan bantuan kepada Masjid yang nantinya dapat digunakan untuk penceramah selama Ramadhan sebesar Rp3 juta," ucapnya.

Selain itu, dikatakannya ia bersama Wawako Solok Ramadhani Kirana P tidak membeli kendaraan dinas karena dananya akan dialokasikan untuk lembaga-lembaga keuangan mikro berbasis masjid.

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar