Ini dilakukan Bank CIMB dalam jaga pertumbuhan KPR di tengah pandemi COVID-19

id berita padang,berita sumbar,cimb

Ini dilakukan Bank CIMB dalam jaga pertumbuhan KPR di tengah pandemi COVID-19

CIMB Niaga (Doc)

Perolehan itu juga membuktikan bahwa fungsi intermediasi CIMB Niaga tetap terjaga,
Padang (ANTARA) - Bank CIMB Niaga berhasil menjaga pertumbuhan positif pada Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dalam situasi pandemi COVID-19 yang masih terjadi di Indonesia.

“Kami dapat melewati tahun yang penuh tantangan dengan kinerja KPR optimal," kata Mortgage dan Secured Loan Business Head CIMB Niaga Heintje Mogi pada diskusi secara daring bersama wartawan yang diikuti dari Padang, Kamis.

Ia memaparkan jika menilik data per 31 Desember 2020, CIMB Niaga mencatat peningkatan penyaluran KPR sebesar 5,9 persen secara year on year (YoY) menjadi Rp35,78 triliun.

Menurutnya raihan tersebut lebih tinggi dari pertumbuhan KPR industri perbankan nasional pada periode yang sama.

Ia menjelaskan keberhasilan CIMB Niaga tersebut menunjukkan bahwa strategi yang dijalankan sepanjang 2020 tepat sasaran sehingga disambut baik oleh masyarakat.

"Perolehan itu juga membuktikan bahwa fungsi intermediasi CIMB Niaga tetap terjaga," jelasnya.

Heintje mengatakan bahwa pihaknya tetap berupaya menghadirkan produk dan layanan yang sesuai kebutuhan nasabah di tengah pandemi.

Meskipun demikain tetap diimbangi oleh prinsip kehati-hatian dalam penyaluran kredit.

Ia mengatakan momentum positif tersebut dimanfaatkan oleh CIMB Niaga untuk meningkatkan penyaluran KPR pada awal 2021 lewat program-program inovatif.

Salah satunya adalah program bung atau margin ringan hasil kerja sama CIMB Niaga dengan mitra pengembang perumahan.

Program bunga atau margin tersebut yaitu fixed 3,66 persen pada tahun pertama, dan 5,88 persen untuk tahun kedua dan ketiga, sedangkan tahun berikutnya berlaku suku bunga (margin) mengambang atau (floating).

Program yang dapat dimanfaatkan masyarakat hingga 31 Maret 2021 tersebut memiliki jangka waktu 10 hingga 25 tahun.

Dengan tenor yang panjang tersebut diharapkan masyarakat dapat lebih leluasa mengelola keuangan, di antaranya pembayaran cicilan bulanan menjadi lebih terjangkau.

“Kami ingin memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memiliki hunian idaman lewat program yang menguntungkan, baik melalui KPR konvensional maupun Syariah pada proyek-proyek terpilih dari sepuluh developer mitra," katanya.

Ia merinci sepuluh developer yang bekerjasama dengan CIMB Niaga untuk program itu adalah Sinar Mas Land, Ciputra, Summarecon, Alam Sutera, Damai Putra, Intiland, Premier, Adhi Karya, Pondok Indah, dan Harvest City.