Pemkot harapkan ekspo mampu tingkatkan ekosistem inovasi di Solok

id berita solok,berita sumbar,inovasi

Pemkot harapkan ekspo mampu tingkatkan ekosistem inovasi di Solok

Pemkot Solok gelar kegiatan ekspo inovasi dalam rangka memeriahkan HUT Kota Solok yang ke-50. (antarasumbar/HO)

Jadi tahun ini merupakan ulang tahun emas bagi Pemkota Solok yang resmi berdiri pada 1970,
Solok (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Solok, Sumatera Barat mengharapkan kegiatan ekspo inovasi 2020 mampu meningkatkan serta menjaga keberlangsungan ekosistem inovasi di kota itu.

Wali Kota Solok, Zul Elfian di Solok, Senin, mengatakan ekspo ini merupakan salah satu rangkaian agenda pemerintah Kota Solok yang memang sengaja dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Solok yang ke-50.

"Jadi tahun ini merupakan ulang tahun emas bagi Pemkota Solok yang resmi berdiri pada 1970," kata dia.

Selain itu, Zul mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan pengembangan dari display inovasi yang sukses pada 2018.

Perbedaannya, menurut Zul pada kegiatan terdahulu masyarakat dapat mengunjungi langsung display inovasi yang telah dibuat oleh para peserta yang dipamerkan pada stand-stand yang telah disediakan.

Akan tetapi pada kegiatan ekspo inovasi kali ini masyarakat umum tidak diperbolehkan datang ke tempat-tempat pameran inovasi mengingat masih dalam masa pandemi COVID-19.

Menurut dia hal ini tentu saja untuk menjaga masyarakat itu sendiri dari potensi tertular virus COVID-19.

Oleh karena itu, pemerintah Kota Solok berkomitmen untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan menghindari kerumunan massa yang sangat rentan dalam penularan COVID-19.

Namun demikian, ia mengatakan masyarakat masih bisa menyaksikan kegiatan ini melalui live streaming (youtube, videotron).

Di samping itu, Zul juga mengapresiasi panitia serta peserta yang telah bahu-membahu dan bekerja sama dengan baik sehingga agenda ekspo inovasi (POIN) 2020 ini dapat terselenggara dengan baik.

"Dalam rangka tercapainya program-program pemerintah Kota Solok yang innovation based-service demi pelayanan pemerintah daerah yang lebih baik (excellent service) dalam menyejahterakan masyarakat dan mewujudkan Kota Solok yang sejahtera dan diberkahi Allah SWT," ujar dia.

Sebelumnya, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Solok selaku Ketua Pelaksana Marwis mengatakan ekspo inovasi ini dapat menjadi ajang terciptanya inovasi-inovasi kreatif dari para aparatur dan masyarakat Kota Solok, dengan harapan dapat berdampak pada peningkatan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat Kota Solok secara Keseluruhan.

Kegiatan display inovasi dan ekspo inovasi Kota Solok tahun 2020 ini mendapatkan dukungan penuh dari LAN-RI dan BPP Kemendagri, kata dia.

"Keikutsertaan para peserta ekspo inovasi sekaligus untuk mengikuti konvensi inovasi yaitu adanya penilaian stand dan proposal dari inovasi yang diajukan," kata dia.

Lebih lanjut, ia mengatakan pada kegiatan sebelumnya peserta hanya dari OPD se-Kota Solok. Namun pada kegiatan kali ini juga mengikutkan instansi vertikal di wilayah Kota Solok, dengan Tim Penilai yang kita kerja samakan dengan LAN-RI dan BPP Kemendagri.