Innovation Expo akan meriahkan HUT Kota Solok yang ke-50

id berita solok,berita sumbar,ekspo

Innovation Expo akan meriahkan HUT Kota Solok yang ke-50

Pjs Wali Kota Solok Asben Hendri (kiri) melakukan pertemuan dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kementerian Dalam Negeri dan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI) di Jakarta. (antarasumbar/Istimewa)

Namun, apalah daya. Manusia hanya dapat berencana. Segala persiapan yang telah mulai dirancang pada tahun sebelumnya seperti mentah begitu saja ketika dunia dilanda wabah COVID-19,
Solok (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Solok akan menggelar kegiatan Innovation Expo dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun (HUT) Kota Solok, Sumbar yang ke-50, tepatnya 16 Desember 2020.

"Sebagai bentuk syukur sekaligus memperingati HUT Kota Solok tersebut, pemerintah Kota Solok jauh hari sebelumnya telah mempersiapkan berbagai agenda dan menjadikan hari jadi tahun ini menjadi sebuah momentum besar bagi Kota Solok dan masyarakatnya," kata Kabag Protokol dan Komunikasi pimpinan (Prokomp) Kota Solok, Nurzal Gustim di Solok, Jumat.

Ia mengatakan komitmen persiapan itu dilihatkan dari ditetapkannya tahun 2020 sebagai tahun kunjungan ke Kota Solok atau Visit Kota Solok 2020.

"Namun, apalah daya. Manusia hanya dapat berencana. Segala persiapan yang telah mulai dirancang pada tahun sebelumnya seperti mentah begitu saja ketika dunia dilanda wabah COVID-19 dan Solok sebagai kota kecil menjadi salah satu yang ikut merasakannya. Alhasil berbagai agenda yang telah dirancang terpaksa dibatalkan," ucap dia.

Di masa normal baru ini, pemerintah Kota Solok berusaha memberanikan diri akan menggelar sebuah kegiatan dalam menyongsong usia 50 tahun Kota Solok dengan mengadakan kegiatan 'innovation expo.

Keberanian ini didasari atas prinsip, bahwa kondisi pandemi COVID-19 jangan sampai membuat kita berhenti berinovasi. Apalagi dengan kondisi sekarang, diharapkan melalui inovasi-inovasi kita bisa taft dan dapat melalui masa sulit karena pandemi.

"Melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Solok kegiatan Ekspo Inovasi direncanakan akan digelar 14 hingga 15 Desember 2020," ujar dia.

Ekspo Inovasi tersebut akan dipadu dengan festival ekonomi kreatif. Dalam event akan ada Konvensi Inovasi, yang saat ini kompetisi inovasi telah berjalan dan diikuti oleh Organisasi Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Kota serta Instansi Vertikal yang ada di Kota Solok.

Menindaklanjuti rencana tersebut, Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Solok, Asben Hendri didampingi Asisten Administrasi Umum Muhammad, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Solok, Marwis, Kepala Dinas Kominfo Zulfadli, dan beberapa kepala OPD lainnya melakukan pertemuan dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kementerian Dalam Negeri dan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI) di Jakarta.

Dalam pertemuan dengan BPP Kemendagri yang diterima langsung oleh Plh Kepala BPP Kurniasih di Gedung BPP Kemendagri sambutan sangat baik dan apresiasi atas rencana Ekspo Inovasi tersebut.

"Beliau menilai dimasa pandemi sekarang ini, inovasi-inovasi sangat diperlukan terutama yang sangat berkaitan dalam menjalani adaptasi kebiasaan baru," ucap dia.

Selain itu, BPP juga mendukung inovasi-inovasi yang dilakukan daerah. Namun jangan sampai berhenti di tataran ekspo tapi dapat lebih aplikatif.

"Beliau juga menyampaikan bahwa BPP tentunya akan bersinergi dengan program-program yang telah direncanakan Kota Solok," ujar dia.

Sambutan yang sama juga didapatkan ketika Pjs. Wako dan rombongan diterima langsung Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara Tri Widodo Wahyu Utomo didampingi Kepala Pusat Inovasi Administrasi Negara Dra. Isti Heriani, MBA Gedung LAN RI Jalan Veteran Jakarta.

Di samping itu, Tri Widodo Wahyu Utomo mengatakan mengapresiasi kesinambungan Kota Solok untuk tetap berinovasi walaupun saat ini dimasa pandemi.

"Apa yang telah dilakukan Solok atas dengan menyediakan insentif dengan mengirim aparaturnya ke Singapura dalam pembelajaran inovasi daerah, mampu menjadi perhatian dan motivasi bagi daerah lain. Tentunya kita berharap hal tersebut tetap terjaga dan berkesinambungan," kata dia.