Jelang pilgub, IPDN Sumbar gelar seminar menyongsong sukses pilkada di tengah pandemi

id berita padang,berita sumbar,ipdn

Jelang pilgub, IPDN Sumbar gelar seminar menyongsong sukses pilkada di tengah pandemi

Seminar IPDN. (antarasumbar/HO)

Kami sudah melakukan simulasi Pilkada Serentak dengan menerapkan protokol kesehatan pada 28 Agustus 2020 di Kabupaten Indramayu dan pemilih yang hadir hanya 50 persen
Padang (ANTARA) - Dalam rangka menyambut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional dengan tema “Menyongsong Sukses Pilkada Serentak 2020 di Tengah Pandemi COVID-19".

Kegiatan ini dihadiri secara langsung oleh beberapa pejabat kabupaten/kota di Sumatera Barat dan Nindya Praja IPDN dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.

Selain itu, kegiatan ini juga diikuti oleh peserta secara online melalui aplikasi zoom dan disiarkan secara langsung melalui kanal youtube Humas Praja Sumbar.

Direktur IPDN Kampus Sumatera Barat, Dr Tun Huseno melalui siaran pers yang diterima Antara Sumbar di Padang, Kamis mengatakan penyelenggaraan seminar nasional bertujuan untuk melihat sejauh mana kesiapan aparatur pemerintahan dalam menghadapi pilkada serentak 2020 di masa pandemi wabah COVID-19 serta menemukan solusi dan alternatif yang dapat diambil demi suksesnya penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020.

Hadir mewakili Rekto IPDN, Wakil Rektor Bidang Kerjasama Prof Khasan Effendy sekaligus bertindak sebagai pembicara utama dalam kegiatan tersebut.

Seminar menghadirkan narasumber Staf Khusus Bidang Politik dan Media Kementerian Dalam Negeri, Dr Kastorius Sinaga, dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit.

Sedangkan narasumber lainnya yakni Direktur Fasilitas Kepala Daerah dan DPRD Maria Ivoneta, Plt. Direktur Pengendalian Aplikasi Informatika Antonius Malau dan Anggota KPU RI, Hasyim Asy’ari, Ph.D hadir secara virtual melalui aplikasi zoom.

Webinar dituntun secara apik oleh Sherly Zulkarnaen penyiar TVRI Sumbar selaku moderator acara.

Pada kesempatan ini, pembahasan mengenai tahapan dan metode pelaksanaan pilkada serentak di tengah pandemi COVID-19, bagaimana protokol kesehatan yang nantinya diterapkan serta tantangan-tantangan yang nantinya akan dihadapi, menjadi topik yang diangkat oleh para narasumber.

Anggota KPU RI Hasyim Asy’ari, Ph.D menyampaikan pihaknya sampai saat ini sudah melakukan simulasi pelaksanaan Pilkada Serentak di tengah wabah COVID-19, dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Kami sudah melakukan simulasi Pilkada Serentak dengan menerapkan protokol kesehatan pada 28 Agustus 2020 di Kabupaten Indramayu dan pemilih yang hadir hanya 50 persen," katanya.

KPU RI kemudian juga sudah menegaskan bakal calon kepala daerah yang mendaftarkan diri ke kantor KPU dilarang melaksanakan arak-arakan dan setiap bakal calon kepala daerah wajib melaksanakan tes kesehatan dan negatif Covid 19, jika positif maka harus menunda pendaftaran”, jelasnya.

Bertepatan dengan pelaksaan webinar, IPDN juga melaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota, Pemerintah Kota Pekanbaru dan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.

MoU dan PKS ini terkait kerja sama pendidikan dan program pendampingan kepamongprajaan. Ruang lingkup kerja sama ini meliputi pelaksanaan praktik lapangan, bhakti karya praja dan kuliah kerja nyata bagi praja IPDN, pengembangan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan pengembangan sumber daya manusia melalui pendidikan profesi kepamongprajaan dan program pasca sarjana Ilmu Pemerintahan.