Mekipun belum ada yang positif, Pasaman Barat siapkan ruangan isolasi pasien suspect COVID-19

id Edi Busti ,corona,virus corona,covid-19,pasaman barat,pasaman barat terkini,berita sumbar

Mekipun belum ada yang positif, Pasaman Barat siapkan ruangan isolasi pasien suspect COVID-19

Koordinator Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pasaman Barat Edi Busti saat memberikan keterangan kepada wartawan. (ANTARA/Altas Maulana)

Simpang Empat, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat akan siapkan ruangan isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah Jambak jika ada pasien yang suspect Corona Virus Disease (COVID-19) nantinya.

"Kita berharap tentu tidak ada pasien yang suspect. Namun untuk mengantispasi kita siapkan ruangan isolasi untuk screaning pertama apakah dirujuk atau tidak ke rumah sakit provinsi di Padang," kata Koordinator Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pasaman Barat, Edi Busti di Simpang Empat, Selasa.

Ia mengatakan saat ini ada empat Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan sebanyak 150 orang pelaku perjalanan di Pasaman Barat.

Untuk antisipasi nantinya ada yang mengarah ke suspect maka ruangan isolasi disiapkan sesuai dengan petunjuk Kemenkes RI.

Pihaknya juga telah menjalankan berbagai kegiatan antisipasi seperti penyemprotan cairan disinfektan di fasilitas umum, tempat ibadah dan sarana lainnya.

Kemudian juga telah mendirikan tiga titik posko di daerah perbatasan Kecamata Talamau, Kinali dan Ranah Batahan.

"Tujuannya untuk memantau dan memeriksa lalu-lintas orang yang masuk ke Pasaman Barat dengan mengukur suhu badan mereka dan menanyakan dari mana," katanya.

Selain itu juga memantau lalu-lintas pangan yang dibawa dari Pasaman Barat keluar daerah.

Pihaknya juga telah meliburkan sekolah dan meniadakan absen sidik jari bagi ASN di Pasaman Barat sebagai langkaglh antisipasi virus itu.

"Mari jaga kondisi tubuh, minum vitamin, jaga jarak, pakai masker dan hindari keramaian serta dirumah saja," ajaknya. (*)