Wako Pariaman lantik Pj Sekda di pos Percepatan Penanganan COVID-1

id Genius Umar ,pj sekda pariaman

Wako Pariaman lantik Pj Sekda di pos Percepatan Penanganan COVID-1

Wali Kota Pariaman, Sumbar Genius Umar (kanan) menyampaikan sambutan pada pelantikan Pj Sekda setempat. (Antara Sumbar/Aadiaat M. S.)

Pariaman (ANTARA) - Wali Kota (Wako) Pariaman, Sumatera Barat melantik Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah Fadli menjadi Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) daerah itu di pos Percepatan Penanganan COVID-19 yang dibangun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat guna menyampaikan pesan bahwa ada bencana yang sedang dihadapi.

"Sekarang kita berada pada situasi bencana COVID-19 dan pelantikan di tenda BPBD ini menunjukkan bahwa Sekda merupakan kepala BPBD," kata Wako Pariaman Genius Umar usai melantik Pj Sekda di Pariaman, Senin.

Ia mengatakan sebagai kepala BPBD maka Sekda bertugas mengkoordinasikan seluruh kepala organisasi perangkat daerah untuk menanggulangi bencana termasuk COVID-19.

Apalagi, lanjutnya dalam penanganan COVID-19 dibutuhkan peran dari semua pihak termasuk masyarakat untuk bahu membahu melaksanakan tugas kemanusian dalam mencegah merebaknya virus tersebut.

Ia menyebutkan salah satu upaya yang dapat dilakukan masyarakat yaitu dengan membatasi diri tidak keluar rumah guna memutus rantai penularan COVID-19 tersebut.

Ia mengatakan upaya yang telah Pemerintah Kota Pariaman lakukan untuk memutus penularan virus tersebut yaitu dengan menyemprot cairan disinfektan di kantor pemerintahan, tempat-tempat umum, bahkan hingga warung, dan di perguruan tinggi.

"Kami pun juga membuat tempat cuci tangan di kantor pemerintahan," katanya.

Selain itu, lanjutnya pihaknya juga mengimbau warga untuk menjaga jarak dengan orang lain serta tidak berkumpul pada satu lokasi guna mencegah penyebaran virus tersebut.

"Bahkan kami juga mengukur suhu tubuh penumpang kereta api dan menyurati desa untuk memantau warga yang baru kembali dari zona merah COVID-19," ujarnya.

Pos Percepatan Penanganan COVID-19 yang dipasang di depan Kantor Wali Kota Pariaman tersebut nantinya dapat menerima seluruh keluhan masyarakat terkait virus itu.

Di dalam pos tersebut terdapat alat penyemprotan disinfektan, hand sanitizer, sabun cuci tangan, dan alat kesehatan lainnya.