Akibat corona ribuan pelajar Pariaman batal tampil pada Rakorwil I Apeksi

id Pariaman,Apeksi,Sumbar

Akibat corona ribuan pelajar Pariaman batal tampil pada Rakorwil I Apeksi

Wali Kota Pariaman, Sumbar Genius Umar (kanan) berdialog dengan sejumlah narasumber pada Rakerwil I Apeksi di Pariaman. (ANTARA/Aadiaat M.S.)

Pariaman (ANTARA) - Ribuan pelajar di Kota Pariaman, Sumatera Barat batal menampilkan tarian indang untuk memeriahkan Rapat Kerja Wilayah (Rakorwil) I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) yang dilaksanakan di daerah itu karena mencegah penyebaran virus Corona baru atau Covid-19.

"Kami telah mempersiapkan sejumlah agenda untuk memeriahkan Rakorwil I Apeksi ini namun karena ada wabah virus Corona maka beberapa agenda dibatalkan," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar pada Rakerwil I Apeksi di Pariaman, Rabu.

Ia menyebutkan salah satu agenda tersebut yaitu penampilan tarian indang dari ribuan pelajar se-Kota Pariaman yang latihannya rutin dilakukan dalam beberapa bulan terakhir.

Namun agenda yang direncanakan mendapatkan rekor Museum Rekor Indonesia itu, lanjutnya harus dibatalkan guna meminimalisir penyebaran virus corona sehingga mengurangi kemeriahan Rakorwil I Apeksi di daerah itu.

Rencananya tarian indang yang ditampilkan oleh pelajar tersebut akan ditampilkan pada kegiatan besar lainnya sehingga tidak saja mengobati hati pelajar yang susah payah berlatih namun juga untuk mempromosikan kesenian asal daerah itu kepada masyarakat luas.

Selain tarian indang, lanjutnya ada sejumlah agenda lainnya yang batal dilaksanakan yaitu di antaranya pawai yang pesertanya dari anggota Komisariat Wilayah (Komwil) I Apeksi.

"Pekabaru saja rencananya membawa 750 orang namun kerena virus Corona maka yang dibawa sekitar 70-an orang saja," katanya.

Meskipun sejumlah agenda pada pertemuan tahunan asosiasi itu dibatalkan namun tidak menghilangkan arti kegiatan itu diselenggarakan yaitu rapat yang membahas beberapa isu penting mulai dari infrastruktur hingga pencegahan penyebaran virus Corona.

Sementara itu Ketua Komwil I Apeksi Firdaus mengatakan pada awalnya pelaksanaan kegiatan itu sempat diragukan karena ada intruksi dari pemerintah pusat untuk mengurangi agenda yang menyertakan banyak orang.

"Tapi setelah berkoordinasi dengan anggota Komwil I Apeksi akhirnya Rakerwil tetap dilaksanakan dengan mengurangi sejumlah agenda," tambahnya.

Sebelumnya sebanyak 24 anggota Komisariat Wilayah (Komwil) I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) menggelar Rapat Kerja Wilayah (Rakorwil) 2020 di Kota Pariaman, Sumatera Barat.

"Pada rapat ini kami akan membahas sejumlah isu penting," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar di Pariaman.

Ia menyebutkan hal yang akan dibahas mulai dari berbagi pengalaman mengatasi permasalahan di daerah, dan pembangunan di wilayah Sumatera.

Namun tahun ini, lanjutnya pembahasannya ditambah dengan menekan penyebaran virus Coronaatau Covid-19