Sukseskan Rakernas Apeksi 2022, PLN berikan listrik andal tanpa kedip

id PLN, listrik tanpa kedip, Rakor Apeksi

Sukseskan Rakernas Apeksi 2022, PLN berikan listrik andal tanpa kedip

Tim PLN UIW Sumbar terlihat sedang siaga untuk penyiapan listrik andal pada acara Rakor Apeksi 2022. (ANTARA/HO-PLN)

Padang (ANTARA) - Setelah empat hari berlangsung, penyelenggaraan Indonesia City Expo (ICE) pada Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas Apeksi) XV Tahun 2022 di Kota Padang resmi ditutup pada Rabu (10/08) sore. Penutupan ini merupakan simbol berakhirnya rangkaian acara Rakernas Afeksi.

Dewan Eksekutif Apeksi Alwis Rustam hadir langsung menutup gelaran ICE. Dalam sambutannya, Alwis mengapresiasi Pemerintah Kota Padang yang telah sukses menjadi tuan rumah, sekaligus berhasil memanfaatkan momen sebagai tuan rumah Rakernas Apeksi XV 2022 dengan menunjukkan ragam budaya dan kearifan lokal yang sangat menarik.

Alwis berterima kasih kepada setiap pihak yang bahu membahu untuk suksesnya gelaran ini, termasuk seluruh Usaha Kecil Menengah (UKM), seniman, Pemerintah Kota dan Kabupaten se-Indonesia, juga masyarakat yang antusias memeriahkan berbagai rangkaian acara.

PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat turut sukseskan rangkaian kegiatan Rakernas Apeksi XV 2022 dengan mempersembahkan listrik andal tanpa kedip.

Disampaikan Arif Pramudya, Senior Manager Distribusi PLN UIW Sumbar, PLN siapkan suplai listrik terbaik dan skema keandalan berlapis pada titik-titik lokasi rangkaian acara Rakernas Apeksi VI 2022.

"Pada pembukaan Rakernas yang berlangsung di Hotel Truntum Kota Padang, kami menyiapkan suplai handal dari Gardu Beton Truntum, yang mana lokasi ini telah memiliki akses 2 suplai prioritas. Petugas PLN standby dan melakukan patroli penyulang yang melalui jalur acara," jelasnya.

Sementara pada lokasi pameran ICE yang berlangsung di Lapangan Imam Bonjol Kota Padang, sambung Arif, PLN menyediakan cadangan daya hingga 1,3 MW diluar suplai permanen, untuk memastikan rangkaian acara dapat berjalan dengan baik.

"2 unit Unit Gardu Bergerak (UGB) masing-masing berkapasitas 400 kVA terpasang di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Imam Bonjol. Kemudian 2 unit UGB berkapasitas berkapasitas 2x250 kVA terpasang di GH Imam Bonjol," lanjut Arif.

Tim PLN maksimalkan skema keandalan dengan lakukan penarikan JTR 10 line dan memasang 4 panel TR pada 4 titik lokasi sekeliling Lapangan Imam Bonjol. "Selama 4 hari gelaran ICE ini, ratusan petugas PLN standby 24 jam dan melakukan pemantauan atau patroli penyulang secara berkala," lanjut Arif.

Rakernas Apeksi XV 2022 diikuti oleh hampir seluruh pimpinan Kota dan Kabupaten di Indonesia, 85 Wali Kota hadir langsung dan 9 lainnya diwakili Wakil Wali Kota. General Manager PLN UIW Sumatera Barat Toni Wahyu Wibowo menyampaikan, PLN bangga dapat mendukung gelaran tahunan Apeksi se-Indonesia.

"Mendukung Rakernas Apeksi XV 2022 adalah dedikasi PLN terhadap pelayanan terbaik. Namun lebih dari itu, berbagai rangkaian acara atau sekitar 14 rangkaian acara Rakernas Apeksi XV 2022 yang berlangsung sukses tanpa kedip membuktikan bahwa Sumbar siap untuk bangkit kembali," lanjut Toni.

Tambah Toni, gelaran yang sukses dan listrik yang andal akan mendorong calon-calon investor semakin percaya diri memulai investasi dan sinergi dengan Pemerintah Sumatera Barat. "PLN siap mendukung kebangkitan Sumbar dengan jaminan suplai energi dan keandalan," ungkap Toni kemudian.*