Padang Panjang gandeng LAN gelar laboratorium inovasi untuk perangkat daerah

id Lembaga Administrasi Negara,Padang Panjang, laboratorium inovasi

Padang Panjang gandeng LAN gelar laboratorium inovasi untuk perangkat daerah

Kegiatan laboratorium inovasi di Padang Panjang. (Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat menggandeng Lembaga Administrasi Negara (LAN) menggelar kegiatan Laboratorium Inovasi bagi organisasi perangkat daerah (OPD) di daerah itu.

Wakil Wali Kota Padang Panjang Asrul saat membuka kegiatan tersebut di Padang Panjang, Selasa, mengatakan laboratorium inovasi menunjukkan semangat pemerinta daerah agar dapat terus berinovasi guna meningkatkan pelayanan bagi masyarakat.

Menurutnya inovasi merupakan hal yang mesti dilakukan dalam rangka akselerasi pembangunan dan peningkatan penyelenggaraan pemerintah sekaligus meningkatkan daya saing daerah.

Melalui laboratorium inovasi diharapkan akan menginspirasi perangkat daerah untuk menciptakan inovasi yang tujuannya untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat.

"Kami menantang setiap OPD untuk berinovasi sesuai dengan tahapan yang sudah diatur oleh undang-undang dan kepada OPD yang melahirkan inovasi terbaik akan diberikan penghargaan," katanya.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Rusdianto mengatakan laboratorium inovasi dilaksanakan selama tiga hari yaitu 25 sampai 27 Februari 2020 dengan peserta sebanyak 185 orang.

Peserta kegiatan tersebut merupakan perwakilan dari setiap perangkat daerah, camat dan lurah di lingkungan Pemkot Padang Panjang.

"Selama tiga hari ini narasumber dari LAN RI akan memberikan asistensi kepada seluruh OPD untuk mendesain inovasi sesuai dengan isu strategis yang ada," katanya.

Perancangan inovasi melalui tahap 5D yaitu Drum Up, Diagnose, Design, Deliver dan Display.