Pemkab Tanah Datar terus tingkatkan pelayanan administrasi kependudukan di Nagari

id Pemkab Tanah Datar

Pemkab Tanah Datar terus tingkatkan pelayanan administrasi kependudukan di Nagari

Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kabupaten Tanah Datar (Antara/HO) 

Batusangkar (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tanah Datar terus tingkatkan pelayanan administrasi kependudukan melalui Petugas Registrasi di Nagari (desa).

Kepala Dinas Dukcapil Tanah Datar Armen Yudi di Batusangkar Minggu, mengatakan saat ini beberapa akses layanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) bisa dilakukan di Nagari.

Diantaranya penginputan Kartu Identitas Anak (KIA), pengajuan cetak Kartu Keluarga (KK), dan penginputan data kelahiran dan kematian.

"Sehingga penambahan itu dapat meningkatkan peran dan fungsi Nagari sebagai ujung tombak pelayanan Adminduk di Kabupaten Tanah Datar," kata dia.

Dia menjelaskan, bahwa peningkatan layanan adminduk dan perizinan di kabupaten Tanah Datar telah membawa banyak perubahan paradigma layanan bagi masyarakat di Kabupaten Tanah Datar.

Pelayanan yang dulu hanya bisa diakses pada Dinas Dukcapil saja, namun sekarang sudah dapat diakses melalui "ujung jari" atau menggunakan telepon pintar.

"Namun bagi penduduk yang tidak memiliki atau tidak mengerti dengan ilmu teknologi, pelayanan cukup sampai di nagari saja dan akan dibantu oleh petugas registrasi nagari," ujarnya.

Dia mengatakan pihaknya akan selalu tingkatkan peran dan fungsi nagari dalam melayani administrasi kependudukan bagi masyarakat.

"Sehingga Dinas Dukcapil ke depannya hanya memanajerial dan sebagai verifikator saja" kata dia.