Tak tersusun rapi, KPU kesulitan memeriksa bukti dukungan Suhatril-Muhammad Tonic

id KPU Agam,Syarat Dukungan,Suhatril-Muhammad Tonic ,Pilkada Agam

Tak tersusun rapi, KPU kesulitan memeriksa bukti dukungan Suhatril-Muhammad Tonic

Tim KPU Kabupaten Agam sedang memeriksa berkas yang diajukan pasangan perseorangan Suhatril-Muhammad Tonic di Aula Husni Kamil Manik. (ANTARA/Yusrizal)

Lubukbasung, (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, kesulitan memeriksa dukungan dari pasangan perseorangan calon bupati dan wakil bupati setempat pada Pilkada 2020, karena bukti dukungan itu tidak tersusun dengan baik.

"Dukungan yang diajukan Suhatril-Muhammad Tonic tidak tersusun sesuai dengan urutan nama pendukung antara B11 dengan B1 seperti dukungan atas A di B1 dengan nomor urut satu dan di B11 nomor urut lima," kata Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Agam Zainal Abadi di Lubukbasung, Selasa.

Ia mengatakan kondisi ini terjadi di beberapa nagari atau desa adat terutama di daerah dukungan paling banyak seperti Nagari Lubukbasung, Bawan, dan Gaduik, sehingga pemeriksaan dukungan pasangan Suhatril-Muhammad Tonic membutuhkan waktu cukup lama.

Untuk menyikapi ini, tim dari pasangan perseorangan itu harus menyusun lagi di Silon. "Tim pasangan ini melakukan penyusunan sampai dini hari dengan kekuatan yang cukup banyak," katanya.

Ia menambahkan untuk menghitung 500 dukungan membutuhkan waktu satu jam dengan kondisi dukungan sesuai urutan.

Dengan 34.418 dukungan yang diajukan pasangan itu, maka KPU Agam membutuhkan waktu selama tiga sampai empat jam.

Pihaknya menargetkan penghitungan dan penyusunan ini selesai pada Selasa (25/2), sehingga bisa dilanjutkan rapat pleno berita acara dengan status dikembalikan atau diterima.

"Kalau diterima akan dilanjutkan tahapan verifikasi adminitrasi dan fatwal di lapangan," katanya.

Di Agam, tambahnya hanya ada satu pasangan perseorangan yang menyerahkan syarat dukungan ke KPU Agam sebagai bupati dan wakil bupati

Koordinator Penghubung Pasangan Suhatril-Muhammad Tonic, Muhamnad Taufiq Rabani Zain menambahkan pihaknya mengupayakan penyusunan itu selesai Selasa (25/2), karena melibatkan 30 tim yang terbagi dua shift.

"Satu shift berjumlah 15 orang dan dengan kekuatan penuh saya upayakan selesai hingga Selasa (25/2) malam," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar