Disparpora Sijunjung gelar festival lagu Minang Khas Sijunjung

id festival,hari jadi, sijunjung, sumatera barat

Disparpora Sijunjung gelar festival lagu Minang Khas Sijunjung

Kadis Parpora Sijunjung Afrineldi (ist)

Jakarta, (ANTARA) - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora) Sijunjung menggelar berbagai kegiatan, satu diantaranya festival lagu Minang khas Sijunjung pada momentum peringatan hari jadi kabupaten itu.

“Festival lagu Minang khas Sijunjung yang menyediakan piala, piagam penghargaan dan uang tunai untuk peserta yang berhasil meraih juara, rencananya dilaksanakan Sabtu (22/2), pada panggung utama lokasi bazar di jalan Lansek Manih --Jalan dari Pasar Jumat ke Kandang Baru--,” kata kepala Dinas Parpora Kabupaten Sijunjung Afrineldi, SH, Senin (10/2) di Muaro Sijunjung.

Pada festival lagu Minang khas Sijunjung itu, pesertanya terbuka untuk umum putra dan putri, dengan usia antara 14 sampai 27 tahun, ulas Afrineldi.

Ketentuan festival, peserta menyanyikan sebuah lagu wajib dan lagu pilihan. Lagu wajib adalah lagu khas Sijunjung. Peserta diiringi dengan organ dari panitia. Pada babak penyisihan peserta hanya menyanyikan sebuah lagu wajib. Pada babak final peserta menyanyikan sebuah lagu wajib dan sebuah lagu pilihan (full).

Lagu wajib yang akan dinyanyikan peserta, Rang Sijunjuang, Ranah Sijunjuang, Sijunjuang Ranah Impian dan Muaro Sijunjung. Lagu pilihan yang akan dinyanyikan peserta putra, Manyuruak Dilalang Salai, Lamak Katan Sampai Rangkungan, Usah Denai Dipatenggangkan dan Ayam Den Lapeh. Lagu pilihan yang akan dinyanyikan peserta putri, Pulanglah Uda, Batu Tagak, Anak Salido dan Rinai Mambao Sansai.

Dewan juri yang dipercaya melakukan penilaian, seniman yang ahli di bidangnya. Sedangkan kriteria yang dinilai, teknik, vokal, penampilan dan kostum.

Bagi yang berminat mengikuti festival lagu Minang khas Sijunjung ini, silahkan mendaftarkan diri pada Dinas Parpora Kabupaten Sijunjung, di lantai III gedung Kantor Bersama, kompleks Pasar Inpres Muaro Sijunjung, paling lambat Kamis (20/2).

Kontak person, Wira Gusti Mustika (081266230808), Ardoni Mansyur (081284668044), Pradi Utama Juliyansa (082384464533), Dita Trisia (082170518404) dan Ridho Genta Abdillah (082170152969).

Disamping lagu Minang khas Sijunjung, kegiatan lain yang digelar aparatur Dinas Parpora pada Kamis (20/2) guna memeriahkan peringatan Hari Jadi Kabupaten Sijunjung ke-71, adalah festival saluang dendang, jelas Afrineldi
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar