Ribuan ASN Sijunjung dapat pencerahan dari pakar komunikasi Dr. Aqua Dwipayana

id Dr. Aqua Dwipayana, sijunjung, yuswir arifin,asn,pencerahan, sumatera barat

Ribuan ASN Sijunjung dapat pencerahan dari pakar komunikasi Dr. Aqua Dwipayana

Bupati Yuswir Arifin (tengah) bersama pakar komunikasi Dr. Aqua Dwipayana (kiri) dan Sekdakab Sijunjung Zefnihan (kanan) pada pemukaan sharing komunikasi untuk 1.500 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) daerah itu. (Antara/Istimewa)

Muaro (ANTARA) - Sedikitnya 1500 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung akan mengikuti sharing komunikasi dan motivasi secara bergantian selama lima hari ke depan bersama pakar komunikasi nasional Dr. Aqua Dwipayana, M.Ikom.

Sharing komunikasi tersebut belangsung sejak 2-6 Desember 2019 di Aula Dinas PU&PR dan dibuka langsung oleh Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, Senin.

Dalam laporan Ketua Pelaksana, Syukri mengatakan dasar pelaksana sharing komunikasi dan motivasi adalah pasal 21 Undang-undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Butir 17 Kewajiban PNS Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin PNS.

“Sedangkan tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia dilingkup Pemerintah Kabupaten Sijunjung, khususnya kemampuan komunikasi dan motivasi guna mewujudkan pelayanan yang berkualitas,” ungkapnya.

Selain itu, kata Syukri, jumlah peserta keseluruhan sebanyak 1.500 orang yang berasal dari pejabat eselon II, III dan IV, pegawai BRI, BPD, PDAM serta Kepala Sekolah dan jajarannya, masing-masing dibagi 200 orang persesi selama lima hari tersebut.

Bupati Yuswir Arifin mengatakan sharing komunikasi ini sangat bermanfaat bagi ASN agar mampu berkomunikasi dengan baik dan senantiasa bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT.

Hal ini sangat penting bagi ASN dalam kedinasan maupun rumah tangga dan sangat menentukan keberhasilan dalam melaksanakan tugas kedepan karena tugas yang diemban sekarang sangat mulia.

”Kita sengaja mengundang beliau (Bapak Aqua) di Ranah Lansek Manih agar kemampuan komunikasi jajaran ASN dilingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung meningkat kinerjanya secara optimal,” ujarnya.

Lebih lanjut Bupati Yuswir menuturkan, tugas pokok ASN berperan sebagai perencana, pelaksana, dan pengawas penyelenggaraan tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional melalui pelaksanaan kebijakan dan pelayanan publik yang profesional, bebas dari intervensi politik, serta bersih dari praktik korupsi.
Pakar komunikasi Dr. Aqua Dwipayana sedang memberi pencerahan kepada 1.500 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) daerah itu. (Antara/Istimewa)


Sementara itu, nilai penting dari materi yang disampaikan oleh Dr. Drs. Aqua Dwipayana, M.I.Kom mengajak peserta mengutamakan rasa syukur dalam hidup.

”Hidup itu singkat, maka kita harus terus bersyukur, bahagia dan terus meningkatkan komunikasi yang berkualitas. Di balik keberhasilan seorang suami terdapat peran seorang istri yang hebat, keluarga yang kuat sebagai pendorong keberhasilan dalam pelaksanakan tugas,” terang Aqua Dwipayana.

Ada beberapa hal yang ditekannya dalam sharing itu yakni, kerja keras, kerja tuntas, kerja cerdas dan kerja ikhlas.

Kunci sukses ASN dalam menjalani tugas, menurut Aqua adalah penguasaan mereka di bidang komunikasi baik internal maupun eksternal.

Jika keduanya bagus Insya Allah seluruh tugas pokok, visi, dan misi Kabupaten Sijunjung dapat diwujudkan secara optimal, tambahnya.

Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar