Matangkan persiapan TdS, Biro Ops Polda Sumbar gelar video conference dengan 19 Kapolres

id tds

Matangkan persiapan TdS, Biro Ops Polda Sumbar gelar video conference dengan 19 Kapolres

Video conference di Polda Sumbar. (ANTARA SUMBAR/ Ist)

Padang (ANTARA) - Polisi Daerah Sumatera Barat (Polda Sumbar) menggelar Video Conference dengan 19 Kapolres untuk memastikan kesiapan pengamanan Tour de Singkarak 2019 di daerah-daerah yang dilintasi pebalap.

Video Conference yang dilaksanakan Selasa pagi di Polda Sumbar dipimpin langsung oleh Kabiro Ops Kombes Pol Firly R Samosir. Ikut hadir dalam acara itu Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Sumbar Hendri Agung Indrianto.

Dalam pertemuan itu, Kombes Pol Firly R Samosir menanyakan langsung kesiapan pada masing-masing Polres. Hal itu dilakukan agar tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi saat balapan.

"Tugas kita adalah memastikan keamanan pebalap dari ancaman yang terlihat dan tidak terlihat. Semua jajaran sudah siap, termasuk untuk pengamanan pada dua daerah di Provinsi Jambi," kata Kabiro Ops Kombes Pol Firly R Samosir di Padang, Selasa.

Menurutnya pangamanan jalur TdS 2019 melibatkan 8.251 personil terdiri dari 4.900 orang polisi, 661 TNI, 1.046 personil Dinas Perhubungan, 1437 Pol PP, dan 277 personil tambahan.

"Kami ingin di tahun kesebelas ini pelaksanaan TdS tetap berjalan dengan lancar dan bisa meminimalisir berbagai insiden saat penyelenggaraan. Kami libatkan Polres daerahnya yang dilewati maupun tidak dilewati atau sebagian dilewati," katanya.

"Kemudian, terkait bergabungnya Sungai Penuh dan Kerinci kami sudah lakukan koordinasi hingga ke Korlantas Polri. Awalnya diarahkan untuk estafet. Tapi setelah koordinasi dengan pimpinan, untuk tahap ini Polda Sumbar yang akan mengawal," katanya.

Dilanjutkan Firly, tidak hanya pengaman jalur, personil juga melakukan persiapan gangguan babinkamtibmas, infrastruktur dan kesiapan destinasi pariwisata menjelang pelaksanaan.

"Sedikit menjadi catatan di lapangan masih ada beberapa jalan yang harus diperbaiki menjelang perhelatan. Namun itu akan menjadi tugas dinas terkait," ulasnya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Taufik Ramadhan menyampaikan, video conference membuktikan lebih serius lagi pengamanan yang dilaksanakan pada TdS tahun ini.

"Ini pertama kalinya video conference dengan melibatkan Kapolres dan Kapolresta. Kami dari Dinas Pariwisata tentunya sangat berterima kasih kepada Polda Sumbar," ujarnya didampingi Kabid Pemasaran Hendri Agung Indianto.*