Tour de Singkarak digelar lagi di 2021, objek wisata ini terpilih tempat star etape I

id berita padang,berita sumbar,tds

Tour de Singkarak digelar lagi di 2021, objek wisata ini terpilih tempat star etape I

Ilustrasi/Pebalap sepeda berpacu pada start TdS 2019 di Pantai Gandoriah, Pariaman,  Sumbar.   (Antarasumbar/Aadiaat M. S. )

Penentuan ini dilakukan dalam Rapat Koordinasi TdS 2021 di Kabupaten Tanah Datar, Kamis (19/8),
Pariaman (ANTARA) - Pantai Kata di Kota Pariaman, Sumatera Barat terpilih menjadi lokasi start untuk etape I Fondo pada Tour de Singkarak (TdS) 2021 yang akan dilaksanakan pada 23 Oktober 2021.

“Penentuan ini dilakukan dalam Rapat Koordinasi TdS 2021 di Kabupaten Tanah Datar, Kamis (19/8). Kota Pariaman siap untuk menyukseskan kegiatan ini," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono di Pariaman, Jumat.

Ia mengatakan untuk Etape I Gran Fondo TdS 2021 dimulai dari Pantai Kata dan finish di Puncak Lawang, Kabupaten Agam dengan jarak tempuh 109,3 kilometer.

Setidaknya ada 300 peserta yang berasal dari dalam maupun luar negeri mengikuti Fondo Etape I TdS yang merupakan kegiatan yang pertama kali dilaksanakan dalam TdS.

Ia menyampaikan pesertanya yaitu komunitas pencinta olahraga balap sepeda namun bukan atlet TdS meskipun jarak tempuh yang mereka lalui sama.

Tujuannya, lanjutnya para pencinta balap sepeda dapat merasakan jalur yang dilalui pada TdS dan Sumbar dapat terpromosikan sebagai destinasi wisata ke masyarakat luas.

"Para peserta gran fondo akan menginap di Kota Pariaman dan ini akan berdampak pada perekonomian masyarakat di Kota Pariaman," katanya.

Sementara Fondo TDS Etape II digelar 24 Oktober 2021 yang dimulai dari Kabupaten Agam finish Istana Pagaruyung dengan jarak yang ditempuh 121,6 kilometer.

Ia berharap dengan terpilihnya Kota Pariaman menjadi tuan rumah untuk start etape I Gran Fondo TDS 2021 maka destinasi wisata di daerah itu akan lebih terpromosikan sehingga lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas.

Dengan begitu, lanjutnya perekonomian masyarakat di Kota Pariaman segera pulih karena wisatawan ke daerah itu semakin banyak.

TDS 2021 direncanakan digelar dalam lima etape mulai 16 sampai 21 Oktober 2021 dengan melibatkan dua kota, dua kabupaten di Sumbar dan satu kabupaten di Jambi, setelah itu dilanjutkan dengan Fondo TDS mulai dari 23 sampai 24 Oktober 2021.