Pemkot jadwalkan MTB Tour de Pariaman akhir Maret 2022

id Tds

Pemkot jadwalkan MTB Tour de Pariaman akhir Maret 2022

Ilustrasi/Pebalap sepeda berpacu pada start TdS 2019 di Pantai Gandoriah, Pariaman,  Sumbar. (Antarasumbar/Aadiaat M. S. )

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat menjadwalkan menggelar ajang sepeda gunung atau MTB Tour de Pariaman pada 26 dan 27 Maret 2022 dengan memanfaatkan objek wisata pantai dan jalan baru dibuka sebagai jalur sepeda.

"Ini merupakan kolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, mereka menyebutnya dukungan untuk kegiatan," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman Dwi Marhen Yono di Pariaman, Minggu.

Ia menyebutkan ada dua jenis kegiatan yang akan dilaksanakan pada MTB Tour de Pariaman yaitu pertama sepeda santai atau 'Fun Bike MTB' pada 26 Maret dengan menyusuri jalan yang baru dibuka oleh Pemkot Pariaman bersama masyarakat setempat.

Ia menyampaikan dipilihnya jalan yang baru dibuka sebagai jalur Fun Bike MTB karena pihaknya ingin mengenalkan kepada masyarakat luas bahwa Pemkot Pariaman dapat membangun daerah dengan berkolaborasi dengan warga setempat tanpa menggunakan dana APBD.

Setiap peserta yang akan mengikuti Fun Bike MTB di minta membayar uang pendaftaran sebesar Rp50 ribu yang nantinya peserta akan mendapatkan makan siang dan hadiah atau 'door prize'.

Lalu MTB Tour de Pariaman yang kedua yaitu berupa balap sepeda atau XCC Race pada 27 Maret dengan menyusuri kawasan objek wisata pantai. Pemilhan lokasi balapan tersebut juga upaya mengenalkan pariwisata Pariaman sehingga kunjungan wisatawan ke daerah itu semakin meningkat.

Untuk mengikuti XCC Race peserta hanya diminta membayar uang pendaftaran sebesar Rp150 ribu yang nantinya setiap peserta akan mendapatkan baju Tour de Pariaman dan makan siang serta memperebutkan total hadiah Rp36 juta.

"Baju ini sebenarnya harganya sudah Rp150 ribu jadi yang minta adanya baju juga peserta karena mereka ingin ada kenang-kenangan dan bagi kami menjadi promosi wisata," katanya.

Marhen mengatakan hingga saat ini sudah banyak komunitas sepeda yang mendaftar menjadi peserta pada MTB Tour de Pariaman baik dari Jambi, Riau, Bengkulu, maupun Sumatera Utara.

"Kebanyak komunitas. Dan sasarannya pun memang Sumatera dan sekitarnya," tambahnya.

Sebelumnya Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat menjadwalkan belasan kegiatan olahraga dari 77 kegiatan wisata yang akan digelar sepanjang 2022 guna memperkuat wisata olahraga atau 'sport tourism' di daerah itu.

"Olahraga-olahraga ini mendukung pariwisata, seperti tenis yunior, sepatu roda, dan sepeda," kata Wali Kota Pariaman, Genius Umar di Pariaman.

Ia mengatakan Pariaman menerapkan konsep wisata olahraga atau "sport tourisme" sehingga antara olahraga dan wisata saling keterkaitan agar wisatawan dapat berwisata sambil berolahraga atau berolahraga sambil berwisata.