Kerja sama dengan Politeknik Sahid, Payakumbuh sudah kirim 136 siswa ke luar negri

id Berita Payakumbuh,Berita Sumbar,Politeknik Sahid,Erwin Yunaz

Kerja sama dengan Politeknik Sahid, Payakumbuh sudah kirim 136 siswa ke luar negri

Wakil Kota Payakumbuh Erwin Yunaz (dua kiri) memegang plakat kerjasama Pemko Payakumbuh dengan Politeknik Sahid Jakarta. (ANTARA/Istimewa)

​​​​​​​Payakumbuh (ANTARA) - Sejak menjalin kerja sama dengan Politeknik Sahid Jakarta, Pemkot Payakumbuh sudah melatih dan mengirim sebanyak 136 alumni SLTA untuk bekerja di luar negeri.

"Sejak kerja sama dari 2016 kita sudah melatih 136 siswa dan periode ini dari total 21 siswa, kita sudah mengirim sembilan orang untuk magang ke Thailand, empat orang ke Malaysia dan sisanya sedang menunggu ujian Kompetensi," kata Wakil Kota Payakumbuh Erwin Yunaz di Payakumbuh, Rabu.

Ia mengatakan Pemkot Payakumbuh sedang menggelar diklat kompetensi siswa tamatan SLTA Bacth 4 yang dilaksanakan di Aula Ngalau Indah Lt. III Balai Kota Payakumbuh hari ini untuk dikirim ke luar negri.

Menurutnya kerja sama ini efektif untuk mengurangi pengangguran dan meningkatkan daya saing sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

"Khusus kerja sama dengan Sahid ini untuk meningkatkan keterampilan bidang pariwisata dan perhotelan," Kata Kabid Tenaga Kerja Dinas Ketenakerjaan dan Perindustrian Payakumbuh, Dewi Novita.

Ia menjelaskan pelatihan berlangsung selama 9 bulan yang telah dimulai sejak bulan Juni 2019 lalu dan sekarang akan memasuki proses magang ke luar negeri.

"November mendatang peserta pelatihan ini akan berangkat magang ke Thailand dan Malaysia selama 6 bulan dan kita juga sudah memberikan passport dan visa kepada mereka," ucapnya.

Ia mengharapkan dengan program ini tidak lagi warga Payakumbuh yang menganggur dan memiliki kemampuan untuk menciptakan lapangan kerja sendiri.

"Kita akan perjuangkan program ini dan akan selalu kita jalankan serta akan kita jadikan sebagai program unggulan, untuk mengurai angka pengangguran," tambah Erwin Yunaz.

Ia berpesan kepada para siswa yang magang keluar negeri agar menuntaskan pendidikan setelah magang.

Sementara itu Direktur Politeknik Sahid Jakarta Neni Wahyuni menyebut Pemko Payakumbuh telah berkomitmen untuk mengurangi angka pengangguran Kota Payakumbuh dengan program pelatihan dan magang keluar negeri.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar