BKKBN targetkan 170 ribu warga Sumbar ikut program keluarga berencana

id BKKBN

BKKBN targetkan 170 ribu warga Sumbar ikut program keluarga berencana

Kepala Perwakilan BKKBN Sumatera Barat Syahruddin memberikan arahan dalam kegiatan Orientasi Pembiayaan Pelayanan KB melalui INA CBGs di Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan (FKTL) di Hotel Axana Kota Padang, Senin (ANTARA / Mario Sofia Nasution)

Padang, (ANTARA) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sumatera Barat menargetkan sebanyak 170 warga daerah itu dapat mengikuti program keluarga berencana pada tahun ini.

Kepala Perwakilan BKKBN Sumatera Barat Syahruddin di Padang, mengatakan dari target yang ada tersebut hingga Juli 2019 pencapaian yang dilakukan baru sekitar 45 persen.

"Pencapaian ini masih kurang dari seharusnya dan kita terus berupaya mengejarnya," katanya.

Ia mengatakan berbagai kendala dirasakan pihaknya dalam menyosialisasikan program keluarga berencana di daerah tersebut terutama daerah pinggiran yang sulit akses transportasi.

Ia mencontohkan Kabupaten Kepulauan Mentawai menjadi daerah paling rendah di banding kota dan kabupaten di Sumbar yang mendapatkan layanan keluarga berencana.

"Kita coba lakukan pembahasan untuk mencari solusi dari persoalan yang ada," katanya.

Selain itu, dirinya berharap seluruh fasilitas kesehatan yang ada di daerah itu baik pemerintah maupun swasta dapat bekerja sama dengan BPJS tujuannya adalah untuk mempermudah masyarakat mendapatkan akses kb di fasilitas kesehatan tersebut.

Ia mengatakan belum semua fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS juga menjadi penghambat masyarakat dapatkan pelayanan KB.

"Kita berharap seluruh fasilitas kesehatan yang ada dapat bekerja sama dengan BPJS," katanya.

Pihaknya juga akan bekerja sama dengan BPJS untuk mendongkrak jumlah masyarakat yang ikut pelayanan keluarga berencana.

"Program ini harus kita sukseskan bersama untuk meningkatkan kehidupan di masa mendatang," katanya.