Amirul Hajj ingatkan jamaah Indonesia jangan sampai terpisah dari rombongan di Mina

id Haji 2019,mch 2019,amirul hajj,terpisah rombongan,Lukman hakim saifuddin

Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin. (Foto: Hanni Sofia)

Mekkah, (ANTARA) - Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin mengingatkan jemaah Indonesia agar jangan sampai terpisah dari rombongan saat di Mina, terutama terowongan Muashim.

“Tentu kami berikan anjuran, saran, imbauan kepada jemaah haji kita bahwa jarak antara tenda dan Jamarat cukup jauh. Oleh karena itu, selalu bepergian dalam menuju dan dari jamarat dalam rombongan, kelompoknya, jangan terpisah,” kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Kota Mekah, Senin.

Pada saat ini, kataLukman Hakim Saifuddin, sebagai puncak musim haji tidak hanya arus manusia yang sangat banyak, tetapi dalam titik-titik tertentu ada persimpangan jalan.

"Kalau kemudian terpisah rombongan, ada kemungkinan bisa tersesat dan sulit menemukan kelompoknya kembali," ujarnya.

Baca juga: Mekkah diguyur hujan saat Amirul Hajj jalan kaki sejauh tiga kilometer ke Jumarat

Baca juga: Hujan deras guyur Mina saat jemaah Indonesia lempar jamrah


Ia juga berpesan agar bagi yang sudah lansia sebaiknya tidak memaksakan diri untuk ke Jamarat karena melontar jamrah bisa diwakilkan.

“Alhamdulillah, sejauh ini lancar,” kata Menag setelah meninjau pelaksanaan lempar jamrah di Jamarat dan sejumlah tenda jemaah di Mina.

Beberapa yang sakit, menurut dia, disebabkan karena dehidrasi dan kelelahan. Oleh karena itu, dia mengimbau jemaah untuk selalu menjaga kesehatan dan keselamatan dirinya. (*)

Baca juga: Menag Lukman temui Gubernur Mekkah, minta penambahan daya tampung tenda-tenda dan toilet di Mina
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar