Pemkot Payakumbuh siap sukseskan TdS 2018

id Tds

Pemkot Payakumbuh siap sukseskan TdS 2018

Peserta Tour de Singkarak (Tds) sedang berpacu. (Antara Sumbar/Syafri Ario)

Payakumbuh, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, siap menyukseskan perhelatan balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) 2018 dengan menyiapkan segala kebutuhan dan perlintasan yang akan dilewati di kota itu.

"Diprediksi warga Payakumbuh akan menyambut dengan antusias dan dukungan yang tinggi, karena itu kita menyiapkan pelaksanaan sebaik mungkin," kata Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi di Payakumbuh, Selasa.

Ia mengatakan Payakumbuh mendapat stage VI yang mengambil start di Kota Solok dengan finis di Ngalau Indah Payakumbuh dengan jarak 105 kilometer.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Payakumbuh, Elfriza Zaharman mengatakan finis TdS yang dijadwalkan pada Kamis (8/11) di Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah Payakumbuh akan disemarakkan dengan musik talempong sikatuntuang.

“Kita tak mau melewatkan momentum besar untuk marketing pariwisata daerah. Jadi penampilan musik tradisional yaitu talempong sikatuntuang yang merupakan khas Payakumbuh kami suguhkan untuk pebalap yang tergabung dalam 15 tim mancanegara dari 26 negara ini,” ujarnya.

Sedangkan persiapan menghadapi stage VI TdS itu, seluruh personel panitia, termasuk unsur keamanan dari satuan TNI/Polri dan Satpol-PP juga sudah siap.

Dinas PUPR juga sudah menjamin seluruh jalan yang akan dilewati rampung diperbaiki sebelum acara dihelat.

“Kita berharap tidak ada lagi persoalan yang berarti dalam menyambut even balap sepeda tahunan ini. Selain itu akan ada pondok promosi untuk UMKM Payakumbuh, khusus menjual produks makanan dan kerajinan khas daerah,” jelasnya.

Even ini semakin semarak dengan berbagai hiburan sebelum pebalap memasuki garis finis, official dan masyarakat akan dihibur dengan kegiatan pacu terbang itik dan musik, serta seluruh komunitas sepeda juga akan melakukan kegiatan sepeda sehat yang memperebutkan ratusan hadiah dan doorprize. (*)