Sosialisasi zakat digencarkan pada petani oleh Baznas Siak

id baznas

Sosialisasi zakat digencarkan pada petani oleh Baznas Siak

zakat

Potensi zakat di Kabupaten Siak cukup besar seperti dari petani padi dan sawit. Apalagi di daerah-daerah lumbung padi seperti kecamatan Bungaraya,
Siak, Riau, (Antarasumbar) - Para petani digencarkan sosialisasi tentang gemar berzakat dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Siak, Provinsi Riau untuk meningkatkan penerimaan zakat 2018 ini.

"Potensi zakat di Kabupaten Siak cukup besar seperti dari petani padi dan sawit. Apalagi di daerah-daerah lumbung padi seperti kecamatan Bungaraya," ujar Komisioner Baznas Kabupaten Siak, Sulaiman di Siak, Jumat.

Dia mengatakan, berdasarkan data di lapangan, untuk kawasan lumbung padi seperti kecamatan Bungaraya, hasil panennya bisa mencapai 5-8 ton per sekali panen.

"Di kecamatan Bungaraya luas lahan tanam padi sebesar 2.200 hektar (Ha). Jika semua petani membayar zakat, pengumpulan zakat akan mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya," katanya.

Ia menyebutkan, untuk sosialisasi pembayaran zakat ke petani ini pihaknya bekerja sama dengan Dinas Pertanian, dan penyuluh pertanian lapangan.

Kegiatan sosialisasi ini disampaikannya saat petani Kecamatan Bungaraya menggelar acara doa turun sawah. Ini adalah kegiatan rutin sebelum memasuki masa tanam.

Doa turun sawah atau turun ke bumi tujuannya untuk meminta keberkahan dari Allah SWT, agar hasil produksi padi kedepannya mengalami peningkatan.

"Jika hasil produksi padi sesuai dengan harapan, petani diharapkan untuk tidak lupa membayarkan kewajiban zakatnya, agar lebih berkah," sambung Camat Bungaraya, Hendy Derhavin.(*)