Serunya lomba selaju sampan dalam rangka HUT RI

id HUT RI

Serunya lomba selaju sampan dalam rangka HUT RI

Pemerintah Kecamatan Sasak Ranah Pasisia mengadakan lomba selaju sampan dalam rangka memperingati HUT RI ke-73, Sabtu . Antara Sumbar/Altas Maulana.

Simpang Empat, (Antaranews Sumbar ) - Pemerintah Kecamatan Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) mengadakan lomba selaju sampan di Muaro Pantai Sasak dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-73, Sabtu (18/8).

"Kegiatan ini dilakukan dalam rangka HUT RI ke-73 dengan melibatkan masyarakat dengan menghiasi 27 sampan dengan berbagai macam corak," kata Camat Sasak Ranah Pasisie, Nur Fauziah Zein di Sasak, Sabtu .

Menurutnya lomba selaju sampan yang diadakan merupakan kegiatan rutin yang selalu diadakan setiap hari besar nasional, hari libur atau hari ulang tahun Pasaman Barat.

"Peminat selaju sampan ini cukup banyak. Tentunya kita akan terus galakkan olah raha ini karena potensi Pasaman Barat sangat mendukung," ujarnya.

Ia mengatakan kegiatan selaju sampan yang diadakan selain dalam rangka HUT RI juga dalam rangka melatih dan mencari bibit andal untuk persiapan Pekan Olah Raga Provinsi (Poprov).

Selain itu, katanya, juga untuk menjadikan kegiatan selaju sampan sebagai agenda wisata destinasi Pantai Sasak kedepannya.

"Selain olah raga, kita juga menginginkan wisata Pantai Sasak semakin dikenal dan semakin menarik wisatawan datang berkunjung," harapnya.

Ia menjelaskan, Pantai Sasak merupakan salah satu objek wisata tujuan masyarakat saat libur Lebaran setiap tahunnya.

Apalagi Pantai Sasak yang berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat ibu kota kabupaten, Simpang Empat sangat mudah dijangkau.

Dari segi jarak transportasi tidak terlalu jauh. Jarak Simpang Empat menuju Kota Padang sekitar 200 kilometer, membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam perjalanan dari Kota Padang.

Kemudian dari Simpang Empat menuju ke lokasi pantai ini, membutuhkan waktu sekitar 15 menit dan apat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

"Pantai Sasak memiliki pasir pantai yang putih mampu memikat setiap hati pengunjung yang datang. Selain itu deburan ombak yang lumayan besar, juga menjadi ciri khas sebuah pantai," ujarnya.

Air laut pantai Sasak merupakan air laut yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

"Pengunjung bisa bermain di pantai dan di tepi air laut secara langsung. Setiap hari libur, tak sedikit pengunjung yang memadati pantai Sasak ini. Bukan hanya hari libur panjang saja, di akhir pekan juga banyak sekali pengunjung yang mendatangi Pantai Sasak," jelasnya.