Wawako Solok harapkan KUR tingkatkan usaha masyarakat

id reiner

Wawako Solok harapkan KUR tingkatkan usaha masyarakat

Wakil Wali Kota Solok Reiner (Antara Sumbar/ Tri Asmaini)

Solok, (Antaranews Sumbar) - Wakil Walikota Solok, Sumatera Barat, Reinier mengharapkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang akan disosialisasikan BRI dapat membantu meningkatkan usaha masyarakat kota tersebut nantinya.

Wakil Wali Kota Solok, Reinier di Solok, Sabtu menyebutkan peran Pemerintah daerah dalam mendukung perekonomian di berbagai sektor telah dijalankan melalui program-program yang dilaksanakan oleh seluruh OPD di lingkungan Pemkot Solok.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) akan melaksanakan sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi pelaku usaha potensial di Kota Solok untuk memudahkan pelaku usaha dalam menjalankan dan mendapatkan prosedur KUR.

Ia menjelaskan tujuan pelaksanaan KUR diharapkan agar bank-bank dapat memfasilitasi UMKM, koperasi, kelompok tani, maupun usaha-usaha lainnya yang akan digunakan untuk menambah modal kerja, menambah alat produksi serta menambah perluasan usaha.

“Saya harap adanya program KUR ini, mudah-mudahan permasalahan mengenai permodalan diberbagai sektor dapat teratasi sehingga perekonomian masyarakat dapat berkembang dengan baik, dan masyarakat diharapkan dapat jujur dalam peminjaman," ujarnya.

Kemudahan KUR seharusnya dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat, dan tidak disalahfungsikan sebagai bantuan gratis. Tapi, Kredit dengan prosedur yang lebih ringan dan mudah.

Kepala Bidang Pemberdayaan Koperasi dan UKM Sumbar, Nasrizal, mengatakan dengan adanya sosialisasi ini akan memperjelas proses dan tata cara peminjaman berkaitan dengan hak dan kewajiban bagi para pelaku usaha dalam upaya perkuatan permodalan dan memajukan usahanya.

"Jadi, nanti tidak ada lagi masyarakat yang bingung bagaimana memperoleh bantuan KUR," katanya.

Acara juga dihadiri Kepala Bidang Pemberdayaan Koperasi dan UKM Sumbar Nasrizal, Kepala Biro Perekonomian Sumbar Heri Novriadi, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumbar, Pimpinan BRI Kanwil Sumbar dan Cabang Solok, Pimpinan Bank Pelaksana KUR, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sumbar, dan Pimpinan OJK Wilayah Sumbar.