Pemkab Cianjur ajar aparatur sipil negara jadi teladan bayar pajak

id bayar pajak

Pemkab Cianjur ajar aparatur sipil negara jadi teladan bayar pajak

Ilustrasi - Bayar pajak. (Antara)

Pemkab sudah melakukan beberapa langkah dan upaya dalam meningkatkan pendapatan daerah dari pajak kendaraan dengan sosialisasi ke setiap tingkatan OPD,
Cianjur, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur, Jawa Barat, memaksimalkan potensi pajak kendaraan bermotor dengan sasaran utama Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk memberikan contoh kepada warga untuk taat membayar pajak.

Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman di Cianjur Rabu, mengatakan pemkab sudah melakukan beberapa langkah dan upaya dalam meningkatkan pendapatan daerah dari pajak kendaraan dengan sosialisasi ke setiap tingkatan OPD.

Ia mengatakan, ASN akan menjadi sasaran utama agar lebih sadar dan taat membayar pajak karena ASN akan menjadi contoh bagi pemilik kendaraan lainnya.

"Jika ASN tidak taat membayar pajak, maka warga pun tidak akan taat. Kami berencana untuk menerapkan sistem potong gaji ASN untuk membayar pajak," katanya.

Ia menambahkan, ASN akan membuat komitmen berisi ketersediaan upah dipotong langsung perbankan dan dibayarkan langsung ke Bapenda Jabar.

"Kami tidak akan sembarangan memotong, perlu ada komitmen dengan ASN terkait, baik dalam membayar pajak kendaraan pribadi ataupun kendaraan dinas, sehingga hal tersebut dapat dicontoh warga pada umumnya," kata Herman.

Dia berharap dengan upaya tersebut, Cianjur dapat menjadi daerah yang menempati posisi pertama terkait ketaatan membayar pajak kendaraan karena pajak yang terkumpul akan kembali ke daerah sebagai anggaran pembangunan.

"Ketika posisi terbaik didapatkan maka Cianjur mendapat tambahan bantuan anggaran dengan nilai yang lebih besar dibandingkan capaian predikat WTP. Sehingga target pembangunan akan lebih cepat dan merata," katanya.(*)