TMMD bantu pembangunan masyarakat desa, harapan Wabup

id TMMD

TMMD bantu pembangunan masyarakat desa, harapan Wabup

Wabup Solok Yulfadli Nurdin memberikan arahan pada rakor TMMD. (Humas Pemkab Solok)

Arosuka, (Antaranews Sumbar) - Wakil Bupati Solok, Sumatera Barat Yulfadri Nurdin mengharapkan Tentara Manunggal Masuk Desa atau Nagari (TMMD) 101 bisa membantu pembangunan masyarakat pedesaan tertinggal di daerah tersebut.

"Lokasi sasaran TMMD ke 101 pada 2018 di Nagari Sulit Air, Kecamatan X Koto Singkarak. Dengan sasaran kegiatan pengecoran jalan dengan panjang 700 meter dan lebar tiga meter dari jorong Taram ke jorong Taruko," kata Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin di Arosuka, Minggu.

Kemudian pembuatan irigasi banda kociak jorong Taram sepanjang 140 meter, daerah irigasi banda Gantiang Putuih Basuang sepanjang 86 meter dan daerah irigasi banda Taruko jorong Talago Laweh sepanjang 200 meter.

Masyarakat Sulit Air di daerah tersebut tentu sangat terbantu dengan adanya program TMMD, selain itu program ini mendekatkan masyarakat dengan tentara, sebutnya.

"Kita tentu mengharapkan masyarakat dapat hidup berdampingan dengan tentara. Walaupun tentara dikenal sebagai penjaga keutuhan NKRI yang kaku tapi bisa berbaur dengan masyarakat," ujarnya.

Masyarakat daerah tersebut juga dapat membantu tentara dalam program TMMD agar mudah dalam berkomunikasi sehingga pembangunan cepat selesai.

Ia mnyebutkan TMMD 101 direncanakan pada 28 Maret sampai dengan 26 April 2018.

Sekda Provinsi Sumatera Barat diwakili Kolonel Inf Muhammad Asep Afandi, mengatakan TMMD/N merupakan program lintas sektor antara TNI, kementrian atau lembaga pemerintah non kementerian dan pemerintah daerah bersama masyarakat sebagai upaya memberdayakan masyarakat dan meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah perdesaan.

"Khususnya daerah yang tergolong miskin atau tertinggal, terisolir atau terpencil, daerah perbatasan dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena akibat bencana," ujarnya.

Ia mengatakan pelaksanaan rakor teknis ini merupakan tahapan persiapan dalam mekanisme kegiatan TMMD untuk mensinergikan kegiatan-kegiatan yang ada pada OPD atau lembaga yang ada di Sumatera Barat dengan kebutuhan atau pelaksanaan operasional TMMD di daerah.

Pelaksanaan TMMD di sumbar ini merupakan wujud keberhasilan koordinasi antara pemerintah daerah dengan TNI, maupun masyarakat dalam rangka akselerasi pembangunan di desa atau nagari.

Pada kesempatan ini yang menjadi sasaran adalah Nagari Sulit Air, Kecamatan X Koto Diateh, Kabupaten Solok dan Nagari Sibakur, Kecamatan Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung.

"Marilah kita bersama-sama berperan aktif dalam kegiatan TMMD serta senantiasa peka terhadap kebutuhan dan kendala yang terjadi di masyarakat," ujarnya. (*)