Unilak Riau terbanyak raih dana penelitian

id Kopertis X,Unilak,Dana Penelitian

Koordinator Kopertis X Prof Dr Herri.

Padang, (Antaranews Sumbar) - Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah X menyatakan Universitas Lancang Kuning (Unilak) Riau menjadi kampus dengan dosen terbanyak yang meraih dana hibah penelitian Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi 2018.

"Sebanyak 53 dosen Unilak meraih dana hibah untuk penelitian dan pengabdian masyarakat," kata Koordinator Kopertis X Prof Herri di Padang, Rabu.

Dia menyebutkan dana itu diperuntukkan untuk membiayai 50 proposal penelitian dan tiga bagi pengabdian masyarakat.

Meski belum dirincikan jumlah dananya, banyaknya proposal itu menjadi yang tertinggi di antara 240 kampus lebih yang ada di Sumbar, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau.

"Ini perlu jadi contoh kampus lainnya untuk serius mengejar penelitian dan pengabdian masyarakat," ujar dia.

Menurut Herri apabila proyek penelitiannya inovatif dan kreatif tentu akan mendapatkan hibah, terlebih bila aplikatif untuk masyarakat.

"Inilah yang harus didorong kampus kepada dosennya dalam menyusun penelitian dan mengajukan dananya. Sebab, saat ini Kementerian cukup memprioritaskan penelitian yang inovatif dan aplikatif," ujarnya.

Memang, kata dia secara persaingan masih kalah dari dosen yang ada di kampus negeri, namun bila diusahakan akan tercapai.

"Motivasi dan orientasi yang kuat dalam meneliti dapat mewujudkan hal tersebut," ujarnya.

Sementara Wakil Rektor I Unilak Riau, Dr Junaidi mengapresiasi keberhasilan dosen kampusnya menjadi yang terbanyak lolos hibah penelitian.

Hal ini, kata dia terdapat grafik meningkat dari kinerja dosen dalam meneliti dan mengabdi.

Ke depan pihaknya akan lebih mendorong dosen untuk lebih banyak meneliti dan kemudian menulis di beragam jurnal bereputasi. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar