KPU Agam Lakukan Verifikasi Faktual Partai Berkarya dan Garuda

id Verifikasi parpol

KPU Agam Lakukan Verifikasi Faktual Partai Berkarya dan Garuda

Tim verifikasi partai politik dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam, sedang memeriksa kepengurusan Partai Berkarya, Rabu (3/1). (Antara Sumbar/Yusrizal)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar ) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam, Sumatera Barat menurunkan tim untuk melakukan verifikasi faktual terhadap dua partai politik peserta pemilihan umum 2019.

"Verifikasi faktual ini kita lakukan untuk Partai Berkarya dan Garuda. Verifikasi ini dilakukan pada 3-12 Januari 2018 dengan menurunkan tim 17 orang," kata Ketua KPU Agam, Al Hadi di Lubukbasung, Kamis.

Ia mengatakan verifikasi yang dilakukan itu terkait domisili kantor, kepengurusan, keterwakilan 30 persen perempuan pada kepengurusan dan keanggotaan, hal ini telah selesai dilakukan pada Rabu (3/1).

Sementara verifikasi keanggotaan akan dilakukan pada Kamis (4/1) dan tim akan turun ke rumah anggota partai politik sesuai yang diajukan pada Sistem Informasi Partai Polituk (Sipol).

"Dua partai yang diverifikasi faktual itu merupakan hasil mediasi antara Bawaslu dengan KPU RI dan partai politik, setelah partai tersebut tidak lolos verifikasi administrasi," katanya..

Sebelumnya, KPU Agam juga melakukan verifikasi faktual Partai Perindo. Verifikasi itu telah selesai dan akan diplenokan dalam waktu dekat.

"Partai Perindo merupakan partai yang lolos pada tahap pertama," katanya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Berkarya Agam, Novi Endri mengatakan, keterwakilan 30 persen perempuan dalam kepengurusan dan kepengurusan sudah cukup.

"Untuk domisili kantor dikeluarkan oleh pihak kecamatan," katanya.

Dalam menghadapi verifikasi faktual keanggotaan, pihaknya telah menerbitkan kartu tanda anggota kepada seluruh anggota.

Dengan cara itu, pihaknya berharap Partai Berkarya lolos di tingkat Agam maupun nasional, sehingga menjadi partai peserta Pemilu 2019. (*)