Pemerintah dan Masyarakat Solok Siap Meriahkan TdS

id RAPAT TDS

Pemerintah dan Masyarakat Solok  Siap Meriahkan TdS

Rapat persiapan TdS di Kabupaten Solok yang melibatkan seluruh stakeholder. (ANTARA SUMBAR/Humas Pemkab Solok)

Arosuka, (Antara Sumbar) - Bupati Solok, Sumatera Barat, Gusmal meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat turut memeriahkan even Tour de Singkarak (TdS) 2017 pada November.

"TdS yang IX ini harus kita meriahkan dan gebyarkan dengan even-even lain dan dokumentasi-dokumentasi yang dapat memancing adrenalin masyarakat," katanya di Arosuka, Selasa (31/10).

Gusmal memerintahkan kepada seluruh kepala OPD untuk dapat memeriahkan dan mensosialisasikan TdS ini dengan pemasangan baliho dan umbul-umbul disepanjang rute secepatnya.

"Para Kepala OPD juga hendaknya menempelkan stiker TdS di mobil-mobil dari sekarang agar euforia TdS semakin terasa," ujarnya.

Ia menegaskan kepada seluruh stakeholder untuk melakukan persiapan penyelenggaraan dengan sesempurna mungkin, agar TdS dapat memberikan dampak nantinya pada pariwisata daerah tersebut.

"Kita berharap even TdS yang sekali setahun ini dapat menambah investor kita di bidang pariwisata, karena TdS memang menonjolkan Solok karena Danau Singkaraknya," ujarnya.

Seluruh OPD hendaknya totalitas dalam persiapan TdS ini, karena melalui kesiapan yang matang. "Kita akan melihatkan peran aktif kepada Pemerintahan Provinsi Sumbar," sebutnya.

Dinas Pariwisata yang akan memegang banyak persiapan harus selalu melakukan koordinasi dengan seluruh pihak mengenai pengamanan, pengisi acara dan seluruh panitia kegiatan lainnya.

Gebyar TdS yang akan dilaksanakan untuk memeriahkan even TdS tersebut diharapkan dapat mengumpulkan antusiasme masyarakat, sehingga even tersebut sukses menjadi even yang terus ditunggu-tunggu.



Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Solok, Yandra mengatakan telah memasang beberapa baliho dan telah menyurati seluruh OPD dilingkungan setempat untuk memasang spanduk atau baliho lainnya.

"Untuk proposal telah kami sampaikan kepada BUMN dan BUMD yang ada di Kabupaten Solok, saat sekarang kita masih menunggu konfirmasi dari semua pihak," ujarnya.

Dalam rangka pelaksanaan dan memeriahkan kegiatan TDS 2017 ini, direncanakan akan mendirikan tiga panggung kehormatan, di Dermaga Singkarak, Tugu Ayam dan Lapangan Bola Kaki Surian.

Kapolres Arosuka, AKBP Reh Ngenana mengatakan sehubungan dengan TdS ini Dinas PU hendaknya dapat menyelesaikan perbaikan jalan yang dilalui agar sesegera mungkin lebih cepat.

Untuk persoalan pengamanan pihaknya akan memetakan lokasi yang rawan dan lokasi yang akan dikerumuni oleh masyarakat, sehingga tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan seperti kerusuhan terjadi.

Ia juga meminta Dinas Pendidikan dapat mengimbau kepada seluruh siswa siswi untuk ikut meramaikan dan memeriahkan kegiatan TdS ini disepanjang jalan yang dilalui.

Sedangkan Wakapolres Solok Kota Sumintak meminta kepada seluruh stakeholder atau OPD agar tidak mengeluarkan izin keramaian, karena akan mengganggu lancarnya kegiatan.

"Anggota yang akan melaksanakan pengamanan jalur dari Pemkab harus jelas, sehingga bisa berkoordinasi dengan polres sebab rombongan pebalab TdS akan melewati daerah pasar mingguan yang ramai," ujarnya. (*)