Polda Sumbar akan Usulkan Penambahan Kapal Polair

id hut polair

Polda Sumbar akan Usulkan Penambahan Kapal Polair

(ANTARA TV SUMBAR)

Padang, (Antara Sumbar) - Kepolisian Daerah Sumatera Barat akan mengusulkan penambahan kapal berukuran besar untuk melengkapi perlengkapan Kepolisian Perairan (Polair) provinsi itu kepada Mabes Polri.

"Armada yang dimiliki saat ini masih kurang, apalagi untuk mencapai daerah yang cukup jauh," kata Wakil Kepala Polda Sumbar Kombes Pol Nur Afiah di Padang saat upacara HUT ke-66 Kesatuan Polisi Air, Kamis.

Ia menyebutkan dengan ada kekurangan armada ini akan membuat Pol Air kesulitan dalam menindak pelanggaran di laut dan kawasan perairan.

"Hingga saat ini kita belum memiliki kapal besar untuk menanggulangi keadaan darurat seperti di Kepulauan Mentawai," ujarnya.

Sementara hingga saat ini Kepolisian Perairan Polda Sumbar baru memiliki 10 unit kapal kecil yang digunakan untuk patroli setiap harinya.

"Kami merencanakan akan meminta ke Mabes kapal yang besar agar bisa menjangkau daerah yang jauh," tambahnya.

Ia menyebutkan permintaan kapal ini akan akan diajukan dalam anggaran 2017 nanti. Dengan adanya penambahan kapal tersebut akan membuat pihaknya lebih baik lagi dalam melaksanakan tugas.

Selain itu, kawasan perairan yang dijaga oleh pihak Pol Air cukup luas yang terdiri dari beberapa kepulauan. Sehingga penambahan kapal merupakan sesuatu yang harus diusulkan.

Menurutnya dengan genapnya umur Kepolisian Air saat ini membuat mereka semakin solid dalam melakanakan tugas- tugasnya.

Dirinya berharap kedepannya Polair semakin sukses dalam mengemban amanah yang telah diberikan dan memberikan solusi terhadap persoalan yang dihadapi oleh masyarakat di kawasan perairan.

"Terutama dalam menjalankan fungsi untuk menjadi polisi yang profesional, moderen dan terpercaya," kata Nur Afiah. (*)