Wall Street Bervariasi dengan Nike Angkat Dow, Nasdaq Turun

id Wall Street, Bervariasi

Wall Street Bervariasi dengan Nike Angkat Dow, Nasdaq Turun

Wall Street. (Reuters)

New York, (AntaraSumbar) - Wall Street berakhir bervariasi pada Jumat (Sabtu pagi WIB), dengan raksasa perlengkapan olah raga Nike mengangkat Dow ke wilayah positif, sementara hasil mengecewakan dari pembuat chip Micron Technology mendorong Nasdaq ke merah.

Dow Jones Industrial Average naik 56,66 poin (0,32 persen) menjadi ditutup pada 17.947,02.

Indeks berbasis luas S&P 500 merosot 0,70 poin (0,03 persen) menjadi berakhir di 2.101,61, sedangkan indeks komposit teknologi Nasdaq turun 31,68 poin (0,62 persen) menjadi 5.080,51.

Nike melompat 4,3 persen memimpin Dow karena labanya untuk kuartal yang berakhir 31 Mei, naik 21,6 persen menjadi 865 juta dolar AS.

Tetapi Micron anjlok 18,2 persen karena laba bersihnya untuk kuartal ketiga anjlok 39 persen terpukul penjualan komputer pribadi yang lebih rendah. Produsen chip lainnya yang tercatat di Nasdaq juga turun, termasuk komponen Dow, Intel, melemah 3,0 persen.

Pasar yang lebih luas telah dibebani oleh kekhawatiran bahwa Yunani bisa gagal bayar (default) pada utangnya, kata analis. Pemerintah Yunani menolak proposal terbaru dari para kreditor internasionalnya, meninggalkan sedikit waktu untuk mencapai kesepakatan menjelang tenggat waktu 30 Juni untuk membayar pinjaman 1,5 miliar euro (1,7 miliar dolar AS) kepada IMF.

"Pasar telah bergerak menyamping hari ini, karena tidak ada pendorong utama untuk bergerak ke satu arah atau yang lain," kata David Levy, manajer portofolio di Kenjol Capital Management.

Perusahaan kesehatan hewan Zoetis turun 12,2 persen setelah melonjak 11,4 persen pada Kamis menyusul laporan Wall Street Journal mengatakan bahwa mereka menerima tawaran pengambilalihan dari Valeant Pharmaceuticals International.

Analis dari BMO Capital Markets dan lainnya menyatakan skeptis tentang kesepakatan, sebagian karena Zoetis menawarkan sedikit peluang pemotongan biaya daripada akuisisi Valeant yang lain. Valeant turun 1,9 persen.

Perusahaan cybersecurity FireEye turun 5,3 persen setelah peringkatnya diturunkan oleh Barclays, yang mengatakan sahamnya kurang menguntungkan dibandingkan perusahaan lainnya dalam sektor tersebut.

Harga obligasi jatuh. Imbal hasil pada obligasi pemerintah AS berjangka 10-tahun naik menjadi 2,47 persen dari 2,40 persen pada Kamis, sementara pada obligasi 30-tahun naik menjadi 3,24 persen menjadi 3,17 persen. Harga dan imbal hasil obligasi bergerak berlawanan arah. (*)