Ribuan Warga Saksikan Kegiatan Patang Balimau

id Ribuan, Warga, Saksikan, Patang, Balimau

Sarilamak, (AntaraSumbar) - Ribuan warga Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, menyaksikan kegiatan patang balimau (tradisi menyambut bulan Ramadhan) yang dilaksanakan di Nagari Pangkalan, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Rabu.

Koordinasi acara patang balimau Dela armaifa di Pangkalan, Rabu, mengatakan dalan kegiatan tersebut ada beberapa agenda yang dilaksanakan diantaranya pacu sampan dan bimbau (lomba hias perahu).

"Untuk pacu sampan diikuti oleh 33 tim yang dibagi kepada 10 race (tahapan)," katanya.

Kemudian untuk bimbau ada sembilan sampan yang disatukan menjadi 3 kelompok, maka para perserta akan berusaha menghiasinya dengan hiasan sedemikian rupa.

Setelah dihiasi, maka sampan tersebut akan dilepas di aliran Batang Maek atau sungai tempat pelaksanaan kegiatan patang balimau dan kegiatan pacu sampan.

Selain kegiatan tersebut juga ada perlombaan olahraga dan bidang-bidang keagamaan, seperti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), kata dia.

Ia menambahkan, untuk tahun ini pelaksanaan kegiatan tersebut di sponsori oleh Bank Nagari, dimana setiap tahunnya dia ikut menyukseskan kegiatan itu.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim menilai kegiatan tersebut memberikan dampak kepada perekonomian masyarakat sekitar.

"Selain sebagai hiburan, para pedangan banyak yang diuntungkan dengan adanya kegiatan ini," katanya saat menghadiri kegiatan patang balimau di Nagari Pangkalan.

Ia mengapresiasi pemerintah dan masyarakat setempat yang untuk terus melestarikan kebudayaan penyambutan Ramadhan tersebut.

Ia menambahkan, ke depannya tradisi tersebut dijadikan kalender pariwisata tingkat provinsi sehingga hiburan permainan anak nagari (desa adat) sehingga lebih banyak orang yang mengetahuinya. (*)