Bupati Dorong Orang Tua Lanjutkan Pendidikan Anak

id Alis Marajo

Bupati Dorong Orang Tua Lanjutkan Pendidikan Anak

Alis Marajo (Antara)

Sarilamak, (Antara) - Bupati Limapuluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar), Alis Marajo mendorong para orang tua di daerah itu agar memberikan motivasi kepada anaknya untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi.

"Kita tidak ingin ada orang tua siswa memberikan kabar pertakut atau menceritakan kemiskinan kepada anaknya saat mereka ingin melanjutkan pendidikan," kata dia di Sarilamak, Selasa.

Dia mengatakan meskipun kondisi ekonomi keluarga hanya cukup untuk biaya hidup sehari-hari, dia yakin akan ada solusi untuk mendapatkan biaya pendidikan.

Menunrutnya, miskin bukan alasan untuk putus sekolah karena akhir-akhir ini cukup banyak program beasiswa yang memberikan kesempatan bagi siswa dari keluarga kurang mampu untuk melanjutkan pendidikannya.

Pihaknya akan bersinesgi dengan lembaga-lembaga seperti Badan Amil zakat Daerah (Bazda) atau pihak ketiga agar anak-anak yang memiliki ekonomi lemah bisa terus melanjutkan pendidikan.

Selain itu, ia juga mengingatkan para orang tua untuk meningkatkan pengawasan terhadap anak, sehingga mereka terbebas dari pengaruh narkotika dan obat-obatan terlarang lainnya.

"Kepada masyarakat kita imbau untuk ikut mengawasi penyalahgunaan narkoba di kalangan anak-anak," kata dia.

Salah seorang tokoh masyarakat Limapuluh Kota, Alizar meminta Pemkab setempat untuk bekerjasama dengan Bazda dan perusahan-perusahan untuk membantu pendidikana masyarakat berekonomi lemah.

"Banyak para pelajar di daerah itu yang putus sekolah karena terkendala ekonomi. Kita ingin hal seperti ini teratasi untuk masa yang akan datang," kata dia. (*)