Suku Singkuang Batagak Panghulu Datuak Paduko Marajo

id batagak pangulu

Suku Singkuang Batagak Panghulu Datuak Paduko Marajo

Ricky Donals Nazir diberi gelar Datuak Paduko Marajo foto bersama istri Ny.Ernie Ricky D Nazir. (ANTARA SUMBAR/Irfan Taufik)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Masyarakat Jorong Gantiang Bawah, Nagari Tanjung Alam, Kecamatan Tanjung Baru, khususnya suku Singkuang menggelar Batagak Panghulu Datuak Paduko Marajo.

"Saya mengucapkan selamat kepada Ricky Donalds Nazir yang diamanahkan menjadi pemangku adat dengan gelar Datuak Paduko Marajo, mudah-mudahan dapat menjalankan amanah tersebut dengan baik, kata Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi pada acara Batagak Panghulu di Tanjung Baru, Sabtu.

Bupati menyebut dengan menyandang gelar datuak ini maka Ricky bertambah tanggung jawabnya untuk membimbing dan menjaga anak kemenakan di kaumnya, dimana sebelumnya sebagai pengusaha di bidang properti, perhotelan, perkebunan sawit dan energi ini hanya sebatas memperhatikan keluarga dekat saja.

Irdinansyah mengatakan program pemerintah daerah dalam mewujudkan masyarakat madani dan berbudaya, berupaya mendorong kaum yang gelar adatnya selama ini talipek, tabanam, atau tagantuang untuk kembali dihidupkan kembali.

Pemerintah daerah mendorong setiap nagari agar gala panghulu yang selama ini talipek, tabanam atau tagantuang bisa ditagakkan lagi, ucapnya.

Bupati berharap dengan bertambahnya pemangku adat ini peran tungku tigo sajarangan semakin kuat dan menjadi tonggak yang kokoh dalam membangun nagari beserta seluruh masyarakatnya.

"Ninik mamak, alim ulama dan cadiak pandai bersama pemerintah daerah harus selalu bergandengan tangan dala membangun Luhak Nan Tuo ini," tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengapresiasi upaya Pemkab Tanah Datar dalam pelestarian nilai-nilai adat dan budaya yang ada di salingka nagari.

Pemerintah daerah mendukung kaum atau suku yang menggelar acara Batagak Gala, karena ini menjadi motivasi masyarakat untuk peduli terhadap pelestarian adat dan budaya Minangkabau sebagai identitas dan kebanggaan kita semua, ucap Irwan.

Gubernur berharap pemangku adat dapat menjadi teladan dan pelindung bagi kaumnya di tengah tantangan era globalisasi yang mengancam akhlak anak kemenakan.

Pihak keluarga Kaum Singkuang, Doni Oskaria menyampaikan bahwa pemberian gelar Datuak Paduko Marajo kepada Ricky D Nazir sudah pantas karena sangat peduli dengan anak kemenakannya yang berada di rantau atau di kampung halaman.

Mudah-mudahan dengan amanah ini, Nagari Tanjung Alam lebih berkembang lagi dan para perantaunya bisa berkontribusi nyata bagi kemajuan kampung halaman, ujar Komisaris PT. Garuda Indonesia dan CEO Trans Corp ini.

Turut hadir dalam alek batagak gala ini Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Wakil Ketua DPRD Sumbar Arkadius Datuk Intan Bano, Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra, Daulat Yang Dipertuan Rajo Alam Minangkabau Darul Qoror Sultan Muhammad Taufiq Thaib Tuanku Maharajo Sakti dan Ketua KPI Pusat Yuliandre Darwis dan Tokoh Perantau Irjen Pol. Syafrizal Akhiri. (*)