Wabup: Kabupaten Solok Miliki 24 Nagari Tertinggal

id Desra Ediwan Anan Tanur

Wabup: Kabupaten Solok Miliki 24 Nagari Tertinggal

Desra Ediwan Anan Tanur

Arosuka, (Antara) - Wakil Bupati Solok, Sumatera Barat (Sumbar), Desra Ediwan Anan Tanur mengatakan, dari 74 nagari di kabupaten setempat, masih terdapat 24 nagari (desa adat) masuk kategori terisolir dan tertinggal yang harus segera dibebaskan.

"Dari 24 nagari itu, delapan nagari kategori tertinggal, dan 16 nagari tergolong sangat tertinggal," kata Desra Ediwan saat memimpin rapat koordinasi persiapan pelaksanaan pembukaan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 94 tahun 2015 di ruang rapat Danau Singkarak Arosuka, Senin (4/5).

Ia mengatakan, penanganan nagari tertinggal ini hanya akan bisa dilakukan secara terintegrasi, dan terpadu melibatkan sejumlah elemen masyarakat.

Kegiatan terpadu, bukan hanya TNI tapi juga melibatkan aparatur pemerintah, lembaga lain seperti BUMN dan BUMD, lembaga swasta, dan masyarakat untuk secara bersama-sama berperan membebaskan nagari tertinggal tersebut.

Salah satu dari delapan nagari tertinggal di Kabupaten Solok adalah Nagari Batu Bajanjang di Kecamatan Tigo Lurah. Nagari ini memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah berupa hasil pertanian dan perkebunan.

"Namun karena akses jalan menuju nagari ini belum lancar, menyebabkan hasil bumi nagari itu tidak bisa diangkut ke luar untuk dipasarkan," katanya.
Maka program TMMD ke 94 tahun 2015 ini akan dilaksanakan di Nagari Batu Bajanjang Kecamatan Tigo Lurah.

Program TMMD di Nagari Batu Bajanjang akan membebaskan nagari terisolir dan tertinggal itu, terutama melakukan peningkatan infrastruktur jalan, dan sarana prasarana ekonomi masyarakat.

"Peran aktif TNI melalui program TMMD memang sangat dibutuhkan sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat," katanya.

Ia meminta seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Solok untuk ikut membantu, memberikan kontribusi nyata sesuai program dan tugas pokok masing masing.

Desra Ediwan juga menyampaikan terima kasih kepada jajaran TNI melalui Dandim 0309/Solok Letkol Sefta Feriansyah, yang telah ikut bersama membangun Kabupaten Solok melalui Operasi Bhakti TNI. Kemudian pimpinan BUMN, BUMD, SKPD, Camat Tigo Lurah, dan Wali Nagari Batu Bajanjang. (*)