Bupati Lahirkan Tujuh Program Selama Tiga Tahun Kepemimpinan

id Bupati Lahirkan Tujuh Program Selama Tiga Tahun Kepemimpinan

Lubukbasung, Sumbar, (Antara Sumbar) - Bupati Agam Indra Catri melahirkan tujuh program inovasi cerdas dalam mewujudkan Agam yang agamis, lestari, adil, mandiri dan indah semenjak dilantik menjadi kepala daerah itu pada 26 Oktober 2010 sampai 26 Oktober 2013.

Tujuh program inovasi cerdas tersebup seperti, Agam Menyemai, Thaharah Masjid, WC Bersih, Magrib Mengaji, Festival Ramadhan, Iklas Berzakat dan Jamkesmas Mandiri. Program ini sejalan dengan moto yang diusung "Basamo Mangki Manjadi" atau bersama makanya menjadi.

Guna mewujudkan visi Kabupaten Agam yang Agamais Lestari, Adil Mandiri dan Indah (ALAMI) dalam rangka memperkokoh landasan mencapai Agam Mandiri, Berprestasi yang Madani, telah disusun langkah-langkah strategis Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Tahun 2010-2015 melalui Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2011.

Sebagai suatu gerakan bersama, selama tiga tahun ini tujuh program inovasi cerdas telah dilaksanakan secara nyata dalam membangun Kabupaten Agam, dengan menggerakkan seluruh komponen dan stakeholder baik yang ada di nagari maupun dirantau, sehingga mampu membawa Kabupaten Agam lebih maju lagi.

Data dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Agam, Kemajuan Kabupaten Agam dalam tiga tahun ini, terlihat dari semakin membaiknya indikator-indikator kinerja pembangunan daerah, baik indikator makro bidang kesejahteraan rakyat dan ekonomi maupun indikator mikro lainnya sebagaimana berikut, bidang kesejahteraan rakyat dimana kinerja untuk bidang kesejahteraan rakyat ditunjukkan oleh capaian indek pembangunan manusia, angka harapan hidup, angka melek huruf dan angka rata-rata lama sekolah.

Sementara di bidang ekonomi, kinerja yang semakin baik dibidang kesejahteraan juga dikuti oleh kinerja di bidang ekonomi, hal ini terlihat dari beberapa indikator untuk bidang ekonomi seperti Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), PDRB per kapita, tingkat pertumbuhan ekonomi, angka pengangguran dan angka kemiskinan.

Sejak tahun 2010 nilai PDRB mengalami peningkatan yang sangat tinggi dimana tumbuh sekitar 13% sejak tahun 2010. Jika pada tahun 2010 nilai PDRB ini baru mencapai Rp5,83 triliun, maka pada tahun 2012 meningkat dengan signifikan menjadi Rp7,41 triliun atau mengalami peningkatan sebesar 27,1%. Jika tren posiitif ini dapat dipertahankan, diperkirakan pada tahun 2015 nilai PDRB Kabupaten Agam akan mencapai sekitar Rp 11 triliun.

Lalu, PDRB perkapita menggambarkan rata-rata pembentukan nilai tambah yang dinikmati oleh masing-masing penduduk di suatu wilayah.

PDRB perkapita diperoleh dengan cara membagi total nilai tambah pada tahun tertentu yang terbentuk di suatu wilayah dengan jumlah penduduk wilayah tersebut pada tahun yang sama.

Untuk tingkat pertumbuhan ekonomi, pada tahun 2012 secara umum pertumbuhan ekonomi sebesar 6,82 persen. Terjadi percepatan dibandingkan dengan tahun 2011 yang hanya tumbuh sebesar 5,94 persen. Hal ini mengindikasikan semakin membaiknya kinerja perekonomian dibandingkan tahun sebelumnya.

Angka pengangguran pada tahun 2012 angka pengangguran Kabupaten Agam turun dari 6,16 pada tahun 2011 menjadi 3,71%. Penurunan angka pengangguran ada tahun 2012 ini sangat signifikan jika dibandingkan dengan tahun 2009-2011 dimana pada dua tahun tersebut angka ini selalu mengalami kenaikan. (ari)