Bupati: Jadikan Idul Fitri Ajang Introspeksi Diri

id Sholat Id Pasaman barat

Bupati: Jadikan Idul Fitri Ajang Introspeksi Diri

Bupati Pasaman Barat, H. Syahiran saat memberikan arahan pada sholat Idul Fitri 1438 Hijriah di halaman Kantor Bupati Pasaman Barat, Minggu (25/6). (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Bupati Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), Syahiran meminta masyarakat memaknai Idul Fitri 1438 Hijriah sebagai ajang introspeksi diri agar lebih baik kedepannya.

"Maknailah hari kemenangan ini dengan sederhana dan tidak berfoya-foya. Jangan berlebihan dalam merayakan hari kemenangan," katanya usai melaksanakan sholat Idul Fitri 1438 Hijriah di halaman Kantor Bupati Pasaman Barat, Minggu (25/6).

"Mudah-mudahan berkah Ramadhan terus berlanjut. Tetap jaga keimanan dan jangan lupa diri dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Ia mengatakan selain ajang instrospeksi diri ia juga mengajak masyarakat dapat menjaga keamanan dan ketertiban selama lebaran.

"Jangan berfoya-foya dan kepada generasi muda jangan merayakan Idul Fitri secara berlebihan dengan melakukan kegiatan yang tidak baik seperti minuman keras dan narkoba," katanya.

Kepada generasi muda pihaknya meminta untuk berhati-hati dalam bekendara jika berpergian. Sebab tingginya mobilitas masyarakat dan kendaraan juga menjadi faktor penyebab kecelakaan.

"Saya juga mengajak masyarakat untuk menjaga kekompakan dan mendukung berbagai pembangunan yang akan, sedang dan akan dilakukan kedepannya," katanya.

Pemkab Pasaman Barat memusatkan sholat Idul Fitri di halaman Kantor Bupati Pasaman Barat pada Minggu (25/6) pagi dengan Khatib Buya H. Diflaizar dengan Imam H. Bulkhaaini LC.

Pada kesempatan itu Buya Diflaizar mengajak masyarakat untuk memperhatikan anak-anaknya karena pengaruh narkoba sudah sangat berbahaya.

"Berikan pendidikan Islam yang baik bagi anak-anak. Lihat teman sepermainannya dan jauhi dari lingkungan yang tidak mendidik," katanya.

Pelaksanan sholat Idul Fitri di Simpang Empat dihadiri ribuan jemaah meskipun pada Minggu (25/6) pagi Simpang Empat diguyur hujan dan disejumlah titik halaman kantor bupati digenangi air.

Namun pelaksanaan shalat Idul Fitri di halaman kantor Bupati Pasaman Barat tersebut berjalan lancar dan aman. Bahkan jumlah jemaah yang datang tahun ini jauh lebih meningkat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Selain menggelar shalat Idul Fitri yang dipusatkan di halaman kantor bupati, ratusan Masjid dan Mushalla di Pasaman Barat juga melaksanakan shalat Idul Fitri. (*)