Pemprov Sumbar siapkan fasilitas shalat Id di halaman kantor gubernur

id salat Id Sumbar

Pemprov Sumbar siapkan fasilitas shalat Id di halaman kantor gubernur

Ketua PHBI Sumbar, Hansastri. ANTARA/Miko Elfisha

Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menyiapkan fasilitas pelaksanaan shalat Idul Fitri 1445 H/2024 bagi masyarakat dan pemudik di halaman kantor gubernur setempat.

Ketua Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Sumbar, Hansastri, di Padang, Selasa, mengatakan panitia telah mempersiapkan garis acuan arah kiblat untuk pedoman pelaksanaan shalat Id yang akan diselenggarakan Rabu (10/4).

"Kita masih menunggu penetapan dari sidang isbat Kementrian Agama. Namun diperkirakan pelaksanaan shalat Id akan serentak pada Rabu 10 April 2024," katanya.

Ia mengatakan PHBI juga berkoordinasi dengan BMKG dan diperkirakan pada Rabu pagi cuaca cerah.

Namun karena hujan cukup deras mengguyur Kota Padang pada Selasa (9/4) malam, maka PHBI juga menyiapkan tempat alternatif pelaksanaan shalat Id di Masjid Raya Sumbar.

"Kalau besok pagi ternyata tidak memungkinkan melaksanakan shalat id di halaman kantor gubernur karena faktor cuaca atau lapangan becek akibat hujan, kita laksanakan di Masjid Raya Sumbar," katanya.

Ia menyebut pelaksanaan shalat akan dimulai pada pukul 07.30 WIB. Karena terbatasnya tikar, jamaah diimbau untuk membawa sajadah dari rumah masing-masing.

Bertindak sebagai khatib adalah Wakil Ketua DPRD Sumbar, H. Irsyad Syafar, Lc., M.Ed. Sedangkan untuk imam, panitia menetapkan Muhammad Fathoni, SIQ, S.Ag.

Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Sumbar juga meminta semua kantor yang berada di Jalan Sudirman untuk membuka pagarnya saat hari Lebaran. Permintaan itu guna memudahkan jamaah shalat Idul Fitri untuk memarkir kendaraan.

"Kita minta pada pengelola kantor di sepanjang Jalan Sudirman agar membuka pagar. Karena kita akan menggunakan jalan Sudirman untuk tempat shalat," ujarnya.

Untuk memudahkan jamaah berwuduk, panitia juga menyediakan mobil tangki air dari Perumda Air Minum Kota Padang dan BPBD Sumbar. Tangki itu akan ditempatkan pada beberapa titik.