Jamaah Shalat Id di halaman Kantor Gubernur Sumbar membludak

id Salat Id Sumbar, Mahyeldi

Jamaah Shalat Id di halaman Kantor Gubernur Sumbar membludak

Pelaksanaan Salat Id di halaman Kantor Gubernur Sumbar. (ANTARA/Miko Elfisha)

Padang (ANTARA) - Jamaah Shalat Idul Fitri 1445 Hijriah di halaman Kantor Gubernur Sumatera Barat pada Rabu membludak hingga meluber ke jalan dan tempat parkir.

Ketua Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Sumbar, Hansastri menyebut membludaknya jamaah sudah diprediksi sejak awal karena diperkirakan jumlah pemudik tahun ini diprediksi meningkat signifikan dari tahun lalu.

"Kita sudah siapkan fasilitas untuk pelaksanaan Shalat Id ini. Namun ternyata jamaah lebih banyak dari perkiraan hingga meluber ke jalan dan parkiran," ujarnya.

Ia meminta maaf jika pelayanan Shalat Id yang disiapkan tidak bisa mengakomodasi semua jamaah yang membludak tersebut.

Dalam pelaksanaan Shalat Id itu, panitia telah menyiapkan tempat parkir di Jalan Sudirman dan perkantoran sekitar kantor gubernur.

Selain itu tempat berwudhu juga disediakan di lokasi bekerjasama dengan PDAM Padang dan BPBD Sumbar.

Bertindak sebagai khatib adalah Wakil Ketua DPRD Sumbar, H. Irsyad Syafar, Lc., M.Ed. Sedangkan untuk imam, panitia menetapkan Muhammad Fathoni, SIQ, S.Ag.

Sementara itu Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengatakan sejak September 2023, daerah itu tidak henti dilanda bencana mulai dari erupsi Gunung Marapi, banjir hingga banjir lahar dingin.

Pada kesempatan itu ia mengajak masyarakat menjadikan momentum lebaran untuk introspeksi diri, memperbaiki diri sebagai langkah untuk menghindari bencana yang disebabkan ulah manusia.


"Tidak perlu kita saling menyalahkan. Mari kita bersama-sama untuk mencari solusi untuk Sumbar," katanya. *