Kamis, 17 Agustus 2017 - 25 Zulqaidah 1438 H

Kemendikbud Bantu SMKN Pariaman

Pariaman, (Antara Sumbar) - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membantu pembangunan infrastruktur bagi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Kota Pariaman, Sumatera Barat.

"Bantuan tersebut merupakan untuk pengembangan SMK kelautan pendukung kemaritiman," kata Kepala SMKN 3 Raffudin di Pariaman, Selasa.

Bantuan itu akan dicairkan pemerintah pusat melalui dua tahapan dengan jumlah total Rp803 juta. Pencairan tahap satu sebesar 70 persen dari keseluruhan dana bantuan dan sisanya dicairkan pada tahap kedua.

Ia mengatakan bantuan tersebut merupakan kelanjutan dari bantuan 2016 sebesar Rp2,5 miliar untuk pembangunan replika kapal, infrastruktur, alat penurunan sekoci dan lain sebagainya.

Bantuan oleh Kemendikbud melalui Direktorat Pembina SMK (PSMK) tersebut ditujukan untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan sekolah berbasis kelautan guna mendukung poros kemaritiman.

"Direktorat PSMK memiliki fokus pada suatu sekolah dengan kompetensi yang dianggap dapat mengangkat mutu dan kualitas pendidikan," ujar dia.

Oleh sebab itu SMKN 3 Pariaman memfokuskan diri pada pengembangan Jurusan Nautika Kapal Penangkap Ikan yang juga dibuktikan prestasi juara tiga tingkat nasional pada 2016 lomba nautika.

Pihaknya juga menegaskan bahwa Jurusan Nautika siap menjadi jurusan terbaik dan berkualitas untuk mendukung dunia kemaritiman.

Selain itu, kata dia, pada Mei 2017 dua pelajar dari sekolah itu akan mengikuti Lomba Kompetensi Siswa (LKS) di Kota Solo, Jawa Tengah.

"Dua pelajar ini ikut dalam cabang lomba nautika dan refrigeration atau pendinginan yang akan dilaksanakan pada Mei 2017 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," katanya. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Syahrul Rahmat
          Agam, (Antara Sumbar) - Dari kejauhan, dentingan logam terdengar sayup-sayup memecah ...
Baca Juga