Astragraphia beri pelatihan 400 siswa SMKN 1 Payakumbuh

id Astragraphia, Astra, Graphia, SMKN1

Astragraphia beri pelatihan 400 siswa SMKN 1 Payakumbuh

Branch Manager PT Astra Graphia Tbk Cabang Pekanbaru Adityo Nugroho (kiri) menyapa siswa saat digelarnya Competence Aid Program (CAP) di SMKN 1 Payakumbuh, Sumatera Barat, Selasa (5/3/2024) (ANTARA/Iggoy el Fitra)

Padang (ANTARA) - Perusahaan percetakan dan layanan digital PT Astra Graphia Tbk (Astragraphia) memberikan pelatihan bagi 400 siswa di SMKN 1 Payakumbuh, Sumatera Barat, Selasa.

Branch Manager PT Astra Graphia Tbk Cabang Pekanbaru Adityo Nugroho mengatakan, penyelenggaraan Competence Aid Program (CAP) itu sebagai sebuah bentuk tanggung jawab sosial Astragraphia bagi dunia pendidikan Indonesia.

"Satu dari empat pilar CSR kita adalah pilar pendidikan, kita sebagai perusahaan yang bergerak di digital printing dan solution mencoba memberikan pelayanan terbaik kepada customer kita juga memberi pelatihan-pelatihan kepada masyarakat sekitar, khususnya pelajar di SMKN," kata Aditya di Payakumbuh, Selasa.

Melalui pelatihan itu, kata Aditya, para siswa diharapkan dapat bertumbuh-kembang menjadi bagian dari enterpreunership di Sumbar khususnya dan Indonesia umumnya,

Dengan demikian, Astragraphia tetap memberi nilai lebih kepada masyarakat dan seluruh stakeholders.

Competence Aid Program merupakan aktivitas berbagi ilmu berkelanjutan yang digagas oleh Astragraphia, dan dijalankan sejak tahun 2000 oleh karyawan Astragraphia dengan kompetensi di bidang solusi dokumen, digital printing, dan teknologi informasi.

Pelatihan CAP ditujukan bagi siswa/siswi sekolah menengah kejuruan dan mahasiswa sebagai bekal memasuki dunia kerja dan siap berprofesi di industri kreatif.

"Program ini tahun 2024 perdana di Pulau Sumatera digelar di SMKN 1 Payakumbuh. Kami berharap siswa bisa lebih mengenal kami, dan kami bisa tahu mereka termasuk apa yang mereka bisa lakukan dan capai nantinya," katanya.

Kepala Sekolah SMKN 1 Payakumbuh, Yunita Rosanti mengatakan kehadiran Astragraphia merupakan pertama kali dalam program guru tamu di semester ini.

"Astragraphia hadir bukan seperti guru biasa, tp hari ini siswa mendapatkan paparan langsung bagaimana sebuah bisnis dijalankan dan apa saja yang dibutuhkan oleh industri, khususnya bagi jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) terutama yg grafika," jelas Yunita.

Menurutnya, SMK beda dengan SMA, karena di SMK siswa harus tamat dr sekolah ini dengan budaya kerja dan siap bertempur.

Sementara itu, siswi kelas XI, Asyifa berharap Astragraphia lebih sering melakukan pelatihan ke sekolah mereka, karena kegiatan yang seru bagi bidang DKV.

Siswi lainnya, Beby mengaku pelatihan itu cukup menarik, sebab pemateri selalu bisa membuat ceria, membuat tertarik teman-teman untuk bertanya dengan berbagai hal.

"Semoga Astragraphia bisa berkunjung lagi dan memberi hal-hal positif," katanya.

Pelatihan tersebut menghadirkan Digital Marketing Specialist PT Astra Graphia Tbk Anditia Putra yang berbagi ilmu tentang personal branding di media sosial.

Kemudian ada Owner Cakra RAF Digital Printing Pekanbaru Candra Hikmawan dengan materi "Peluang kerja industri kreatif desain grafis" serta

Business Consultant PT Astra Graphia Tbk Cabang Pekanbaru Mohamad Athir tentang digital printing kekinian. (*)