BKKBN Sepakati Kerja Sama dengan Unand

id BKKBN

Padang, (Antara Sumbar) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyepakati kerja sama dengan Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat, dalam rangka pengembangan program kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga.

"Kerja sama bertujuan meningkatkan kepedulian akan pentingnya program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga serta memanfaatkan sumber daya yang ada di kampus," kata Kepala BKKBN, Surya Chandra Surapaty di Padang, Selasa usai tanda tangan nota kesepahaman dengan Rektor Unand, Prof Tafdil Husni.

Menurut dia masalah populasi di dunia ini bukan hanya sekadar menjadi isu, tapi bagaimana mahasiswa harus ikut berpartisipasi dalam menciptakan generasi yang berkualitas.

"Ada beberapa hal yang harus disiapkan dalam menghadapi isu kependudukan saat ini, yaitu tujuan yang bukan sebatas meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta mengontrol populasi dari penduduk dunia," kata dia.

Ia mengatakan kerja sama bermanfaat bagi mahasiswa apalagi di tengah arus informasi dan pencampuran budaya yang menembus batas ruang dan waktu.

"Bonus demografi akan diisi oleh para remaja jika mereka tidak siap, maka bonus demografi tidak akan sesuai dengan yang diharapkan," katanya .

Ia menyampaikan remaja memiliki risiko tinggi dalam masalah reproduksi jika pengetahuan mereka tidak memadai, maka bisa menjadi korban seksual.

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas Prof Tafdil Husni mengatakan kerja sama dengan BKKBN merupakan langkah awal untuk menanamkan pentingnya program kependudukan dan keluarga berencana kepada mahasiswa guna mempercepat dan memajukan pembangunan nasional.

Ia mengungkapkan program BKKBN tidak hanya mengendalikan jumlah penduduk tetapi juga bagaimana menigkatkan kualitas sumberdaya manusia Indonesia melalui program generasi berencana (Genre).

Menurut dia dengan hadirnya Genre dikalangan muda diharapkan mampu menekan laju tingginya pernikahan diusia muda yang belakangan ini marak terjadi pada generasi muda.

Ia berpesan kepada generasi muda untuk terus mengekplorasi potensi diri dan meningkatkan kreativitas dan prestasi melalui pendidikan.

Kepala Biro Perencanaan, Pengembangan dan kerja sama Unand, Maramis mengatakan kerja sama meliputi pengembangan riset dan permodelan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga.

Selain itu juga program pengabdian masyarakat tematik dan non tematik serta pengembangan pusat-pusat layanan dan rujukan masyarakat khususnya konseling remaja dibidang kesehatan reproduksi dan revolusi karakter bangsa. (*)