Festival Danau Singkarak Meriahkan TdS 2016

id TDS

Arosuka, (Antara Sumbar) - Festival Danau Singkarak memeriahkan penyelenggaraan lomba balap sepeda internasional Tour de Singkarak di Kabupaten Solok, 2-5 Agustus 2016 di kawasan obyek wisata Dermaga Singkarak.

Sekretaris Daerah Kabupaten Solok, HM Saleh di Arosuka, Selasa mengatakan kegiatan tersebut digelar untuk lebih menyemarakan penyelenggaran TdS di daerah penghasil bareh tanamo itu.

"Festival Danau Singkarak juga dalam rangka mempromosikan khasanah seni dan budaya Kabupaten Solok keluar daerah," katanya.

Saleh juga menyebutkan, Festival Danau Singkarak menampilkan seabrek pertunjukan seni musik tari dan acara hiburan lainnya, mulai dari festival randai, pentas seni tari Anak Negeri, Saluang Dangdut dan lain sebagainya.

Hingga penampilan grup band asal ibu kota Nidji dan pesta kembang api pada malam acara Grand Opening pembukaan Tour De Singkarak 5 Agustus, yang dimulai pukul 19.30 wib di Dermaga Singkarak.

Saleh mengatakan, Pemkab Solok dan seluruh masyarakat daerah itu, merasa bangga dengan dipercayakanya kembali Kabupaten Solok sebagai daerah pelaksana Grand Star atau star perdana Etape I pelaksanaan Tour De Singkarak ke - 8 tahun 2016 pada hari Sabtu 6 Agustus mulai pukul 07.30 wib.

Karena, katanya sejak pelaksanaan TdS pertama pada tahun 2009, hingga penyelenggaraan yang kedelapan tahun 2016, baru saat inilah Kabupaten Solok kembali diberi kepercayaan sebagai daerah pelaksana grand start atau start perdana Tour de Singkarak.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Solok M Alfajri menambahkan Etape I TdS dengan grand start di Kawasan obyek wisata Singkarak akan finis di Kota Payakumbuah, akan melintasi sejumlah nagari diantaranya Singkarak, Kacang dan Tikalak.

Selain itu kata Alfajri, sejumlah daerah dalam wilayah Kabupaten Solok lainya, juga akan dilewati rombongan pebalap TdS, pada Kamis (11/8).

"Rombongan pebalap yang start dari Kota Pariaman dan finis di Sawahlunto itu diantaranya akan melintasi kawasan ibu kota Arosuka lalu lewat Nagari Guguak, Talang, Cupak dan kawasan Nagari Koto Baru serta Selayo," katanya.

Hadir dalam acara itu Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Solok M Alfajri dan Kepala Seksi (Kasi) Penyuluhan Sadar Wisata setempat Asnul Hakim, Camat Singkarak Irwan Efendi, Wali Nagari Singkarak H. Atman. (*)