Peserta BPJS Kesehatan Kota Bukittinggi 85.458 Orang

id BPJS Kesehatan, Bukittinggi, Peserta

Bukittinggi, (AntaraSumbar) - Sebanyak 85.458 dari 124.181 jiwa penduduk di Kota Bukittinggi telah terdaftar sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

"Berdasarkan data per Februari 2016, persentase jumlah peserta BPJS Kesehatan dari Bukittinggi baru mencapai 68,82 persen dari jumlah penduduk Bukittinggi," kata Kepala Unit Hukum, Komunikasi Publik dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Kantor Cabang Bukittinggi, Masri Bahri di Bukittinggi, Jumat.

Ia merinci, jumlah peserta dari aparatur sipil negara (ASN) berjumlah 23.550 jiwa, TNI sebanyak 1.055 jiwa, Polri berjumlah 1.690 jiwa dan pegawai dari Badan Usaha Milik Negara (BUMD) serta Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) berjumlah 13.810 jiwa.

Kemudian peserta yang bukan pekerja berjumlah 7.469 jiwa dan pekerja bukan penerima upah sebanyak 11.799 jiwa.

Sedangkan peserta yang menjadi tanggungan APBD berjumlah 9.884 jiwa dan tanggungan APBN berjumlah 16.201 jiwa.

Menurutnya, kesadaran warga setempat untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan masih tergolong rendah di mana motivasi untuk ikut baru muncul dikarenakan kondisi yang menyebabkan terpaksa untuk menjadi peserta.

"Motivasi masyarakat untuk menjadi peserta belum atas dasar kesadaran tetapi karena sudah ada dalam kondisi sakit," sebutnya.

Ia mengatakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam keikutsertaannya pada program pemerintah tersebut, pihaknya bersama pemangku kepentingan terkait perlu melakukan sosialisasi yang lebih intensif.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Bukittinggi, Syofia mengatakan, akan meningkatkan sosialisasi pada masyarakat terkait iuran dan keikutsertaan dalam BPJS Kesehatan melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan DKK.

"Keikutsertaan masyarakat dalam BPJS Kesehatan sangat penting untuk mendapat pelayanan kesehatan, sehingga sosialisasi mengenai pentingnya keikutsertaan perlu ditingkatkan," katanya. (cpw)