Pemkab Pasaman Barat berikan layanan kesehatan di pos terpadu lebaran

id Layanan kesehatan lebaran

Pemkab Pasaman Barat berikan layanan kesehatan di pos terpadu lebaran

Kantor Dinas Kesehatan Pasaman Barat. Dinas terkait menurunkan tim layanan kesehatan di pos terpadu pengamanan dan pelayanan Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah. (Antara/Altas Maulana). 

Simpang Empat,- (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat melalui Dinas Kesehatan menurunkan tim layanan kesehatan di pos pelayanan terpadu di tiga titik selama libur Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Pelayanan yang diberikan berupa layanan pengobatan dan pemeriksaan penanganan pertama serta tersedianya ambulans jika diperlukan penanganan lanjutan," kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Pasaman Barat Idfan di Simpang Empat, Jumat.

Ia mengatakan penempatan petugas pelayanan kesehatan itu berada di pos Kinali, Simpang Empat Kecamatan Pasaman dan Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang.

Selain di pos pelayanan terpadu Dinas Kesehatan juga telah menugaskan 21 unit Puskesmas yang ada di Pasaman Barat untuk membuat jadwal piket 24 Jam yang terdiri atas 3 shift per harinya.

"Jadwal pelayanan dan piket posko cuti lebaran di mulai pada empat hari jelang lebaran sampai enam hari setelah lebaran," ujarnya.

Selain pelayanan di posko terpadu dan puskesmas, Dinas Kesehatan juga menyiapkan petugas puskesmas di objek-objek wisata yang ada.

Petugas bergabung dengan tim lainnya di pos pengamanan di objek wisata di Pantai Sasak, Pantai Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas dan Pantai Sikabau Kecamatan Koto Balingka.

"Kita bekerja sama dengan lintas sektor mulai dari Polres, TNI, Basarnas, BPBD, kecamatan, nagari dan pihak terkait lainnya," sebutnya.

Pihaknya juga akan menyediakan obat-obatan sesuai dengan standar penanganan tingkat awal, sedangkan peralatan yang disediakan, antara lain ambulans di masing-masing posko.

"Pelayanan kesehatan terhadap pemudik dan pengunjung selama libur lebaran tentunya akan kami perhatikan. Mudah-mudahan nanti dapat berjalan dengan lancar," katanya.