Sebanyak 125 ribu siswa di Padang dapat sosialisasi kesehatan gigi

id hendri septa,edukasi,kesehatan gigi dan mulut

Sebanyak 125 ribu siswa di Padang dapat sosialisasi kesehatan gigi

Wali Kota Padang, Hendri Septa ikut memberikan dorongan bagi siswa untuk rajin menggosok gigi. (ANTARA/HO-Pemkot Padang)

Padang (ANTARA) - Sebanyak 125 ribu siswa di Kota Padang, Sumatera Barat mendapatkan edukasi tentang kesehatan gigi dan mulut dalam peringatan World Oral Health Day (WOHD) yang diinisiasi Fakultas Kedokteran Gigi dan Rumah Sakit Gigi Mulut Universitas Andalas (Unand) bersama PT Unilever Indonesia.

Wali Kota Padang, Hendri Septa di Padang, Selasa mengatakan edukasi tentang kesehatan gigi dan mulut penting diberikan kepada siswa sejak dini agar bisa menjadi kebiasaan.

Ia menyebut sebagian masyarakat sering abai dengan kesehatan gigi dan mulut. Hal itu disebabkan edukasi biasanya hanya diberikan oleh orang tua kepada anak secara lisan.

"Kebiasaan menjaga kesehatan gigi dan mulut akan menjadikan kita pribadi yang selalu memperhatikan kesehatan tubuh kita secara keseluruhan," ucapnya.

Sementara itu Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas Nila Kusuma menyebutkan edukasi yang diberikan merupakan kontribusi lembaga tersebut sebagai langkah untuk mendukung lahirnya generasi emas di tahun 2045.

"Kita siap berkolaborasi bersama Pemerintah Kota Padang untuk memberikan edukasi kesehatan mulut dan gigi kepada masyarakat," ujarnya.

Head of Profesional Marketing Personal Care Unilever, Rati Mirah Afifah menyebutkan hingga saat ini pihaknya telah memberikan edukasi kepada 30 juta masyarakat Indonesia terutama anak sekolah.

"Kali ini kita melibatkan 125 ribu pelajar di Kota Padang guna menumbuhkan kesadaran menjaga kesehatan gigi dan mulut. Ini terkait waktu menyikat gigi, merawat gigi, serta menyikat gigi, dan kita juga harus datang ke dokter gigi secara teratur," ucapnya.

Ia berharap dengan adanya peringatan WOHD 2024, generasi muda terus memperhatikan kesehatan gigi dan mulut. Tidak hanya itu, semakin banyak pula tenaga kesehatan yang mumpuni di bidang kedokteran gigi di Kota Padang. *