Partai Demokrat Resmi Berikan Dukungan pada Mahyeldi -Vasko untuk Pilgub Sumbar 2024

id Mahyeldi-Vasko

Partai Demokrat Resmi Berikan Dukungan pada Mahyeldi -Vasko untuk Pilgub Sumbar 2024

Mahyeldi-Vasko menerima dukungan dari Partai Demokrat. (ANTARA/ist)

Padang (ANTARA) - DPP Partai Demokrat resmi mendukung pasangan Mahyeldi Ansharullah-Vasko Ruseimy sebagai bakal calon gubernur-wakil gubernur pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Barat 27 November 2024 nanti.

Surat rekomendasi dukungan itu diberikan langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kepada pasangan Mahyeldi Ansharullah-Vasko Ruseimy di DPP Demokrat, Jakarta, Kamis (8/8/2024).

"Setelah melalui berbagai pertimbangan, Partai demokrat memutuskan untuk memberikan dukungan kepada pasangan Mahyeldi Ansharullah - Vasko Ruseimy untuk Pilgub Sumbar 2024," kata AHY.

Menurut AHY, sosok Mahyeldi sebagai pemimpin, sudah tidak perlu diragukan lagi. Ia menilai, selama memimpin Sumbar dalam 5 tahun terakhir, banyak prestasi dan capaian yang telah berhasil ditorehkan Mahyeldi.

"Berbagai prestasi dan pencapaian berhasil diraihnya, meski pun Sumatera Barat tengah menghadapi tantangan yang luar biasa. Bencana silih berganti, anggaran yang terbatas, tetapi Mahyeldi tetap mampu melaluinya dengan baik," jelas Ketum Demokrat.

Atas dasar itu, AHY meyakini pasangan Mahyeldi-Vasco akan bisa memenangkan kontestasi Pilkada Sumbar 2024. Sebab pasangan ini dinilainya memiliki kombinasi yang saling melengkapi, Mahyeldi punya pengalaman, sementara Vasko memiliki semangat muda yang pantang menyerah.

"Semangatnya adalah gerak cepat membangun Sumatra Barat. Jadi, kita tunggu geraknya, tetapi kami tidak hanya menunggu karena kami (Demokrat, red) ingin bersama-sama melakukan percepatan itu untuk kesejahteraan masyarakat," tutup AHY.

Sementara itu, menyikapi dukungan yang diberikan Partai Demokrat kepada dirinya dan Vasko, Mahyeldi mengatakan itu akan menambah semangat dan kepercayaan dirinya bersama Vasko untuk memenangi kontestasi Pilgub Sumbar.

Tidak hanya itu, dukungan tersebut menurutnya juga akan memberikan kekuatan bagi pasangannya untuk membangun Sumbar ke depan. Sebab, Partai Demokrat merupakan salah satu partai besar dengan raihan 281.206 suara atau 8 kursi untuk DPRD Sumbar.

"Diserahkannya SK rekomendasi dari Partai Demokrat, yang jelas tentu itu akan menambah kekuatan kami, percaya diri kami dan optimisme kami untuk bisa memenangkan kontestasi," ungkap Mahyeldi, Bacagub incumben dalam Pilgub Sumbar 2024 ini.

Dikatakannya, untuk mengikuti Pilgub Sumbar 2024, sebelumnya dirinya bersama Vasko juga telah menerima rekomendasi dukungan dari 2 partai , yakni Gerindra dan PKS. Dari dukungan tersebut, sudah ada 20 kursi yang dikantonginya.

Dengan adanya dukungan dari Demokrat ini, maka total dukungannya menjadi 28 kursi DPRD Sumbar. Sementara, batas minimal persyaratan untuk bisa mendaftar adalah 13 kursi DPRD Sumbar.

"Alhamdulillah, dengan terbitnya rekomendasi Demokrat. Untuk persyaratan pendaftaran kita sudah surplus, kita punya 28 dari 13 kursi syarat minimal," ungkap Mahyeldi yang juga merupakan Ketua DPW PKS Sumbar.

Mahyeldi mengaku, kendati telah mengantongi 28 kursi dukungan, pihaknya akan terus menjalin komunikasi dengan partai lainnya. Semoga nantinya ada yang tertarik, ikut memberikan dukungan dan bergerak bersama.

"Kita memiliki tagline bergerak cepat untuk membangun Sumbar. Oleh karena itu, untuk mewujudkannya perlu kebersamaan," jelas Mahyeldi.

Terkait dengan program baru apa yang akan diusungnya dalam Pilgub 2024 nanti, Mahyeldi menjawab, mengingat Sumbar baru saja dilanda bencana beruntun yang menyebabkan sejumlah infrastruktur strategis terdampak. Maka fokusnya akan diarahkan untuk percepatan pembangunan infrastruktur dan peningkatan ekonomi masyarakat.*