Serahkan bibit jagung, Sabar AS apresiasi inovasi Nagari Cubadak

id Bupati Pasaman, Sabar AS,BERITA PASAMAN,BERITA SUMBAR

Serahkan bibit jagung, Sabar AS apresiasi inovasi Nagari Cubadak

Bupati Pasaman, Sabar AS bersama Wali Nagari Cubadak saat menyerahkan bibit Jagung kepada kelompok tani dihalaman kantor Wali setempat, Senin.

Lubuk Sikaping (ANTARA) - Tingkatkan Kesejahteraan petani, Nagari Cubadak Kecamatan Duo Koto Kabupaten Pasaman berikan bibit jagung yang diserahkan langsung oleh Bupati Pasaman, Sabar AS bertempat dihalaman kantor Nagari setempat, Senin.

Wali Nagari Cubadak, Khairul Watan mengatakan bantuan bibit Jagung ini merupakan program ketahanan pangan dari APB Nagari Cubadak sebesar Rp67,5 Juta.

"Ada 6 kelompok tani daerah ini yang mendapat bantuan bibit jagung pioner 32 dengan keseluruhan ada 100 kantong," terang Khairul Wathan.

Ahmad Azizan salah seorang tokoh masyarakat Duo Koto menyebutkan bahwa keinginan masyarakat Cubadak untuk bertani sangat tinggi, khususnya sektor Jagung.

"Keseriusan ini terlihat beberapa kelompok tani disini dengan memanfaatkan lahan-lahan daratan yang tidak produktif menjadi lahan yang menghasilkan. Untuk komoditas jagung menjadi andalan petani, mengingat sebagian wilayah agak sulit mendapatkan air," terang Ahmad Azizan.

Pihaknya berharap Pemerintah daerah terutama instansi terkait bisa mendampingi petani sekaligus penyediaan peralatan pertanian.

"Disamping itu perlu adanya alat pengering jagung dan graiser atau perontok, ini akan sangat membantu petani," harapnya.

Sementara Bupati Pasaman, Sabar AS mengatakan Pemerintah Kabupaten Pasaman sangat mengapresiasi atas dukungan dan inovasi yang diberikan Nagari Cubadak terhadap para petani.

"Dengan adanya bantuan bibit terutama jagung ini, tentunya akan sangat membantu petani secara ekonomis. Apalagi sektor pertanian merupakan mata pencarian terbanyak di Pasaman," ungkap Sabar AS.

Terkait dengan ekonomi kata dia, sektor Pertanian merupakan penyumbang terbesar PDRB Kabupaten Pasaman.

"Untuk itu pemerintah akan terus membina para petani melalui kelompok tani yang ada melalui penganggaran yang cukup besar dari APBD Pasaman," Sabar AS.

Sabar AS juga menyikapi harapan yang disampaikan oleh salah seorang tokoh masyarakat Cubadak, dengan tegas memerintahkan Kadis Pertanian untuk menindak lanjuti harapan tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, diserahkan secara simbolis ratusan kantong bibit jagung oleh Bupati Sabar AS, kepala OPD serta Wali Nagari Cubadak terkait terhadap perwakilan kelompok tani setempat.