Pemkot Pariaman ajak warga wujudkan Pilkada damai

id Pemkot Pariaman

Pemkot Pariaman ajak warga wujudkan Pilkada damai

Penjabat Walikota Pariaman, Sumbar Roberia (tengah) menghadiri tahapan Pilkada Serentak 2024 yang kegiatan itu dilaksanakan di Rumah Tabuik Pasa, Pariaman pada Sabtu (15/6) malam. Antara/HO-Diskominfo Pariaman 

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat mengajak warga di daerah itu untuk mewujudkan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2024 dilaksanakan secara damai dan berdunsanak.

"Pilihan boleh berbeda, tapi kita harus tetap menjunjung tinggi kedamaian, ketenangan, kenyamanan dan keamanan. Tetap jaga Pemilu badunsanak seperti yang telah kita lakukan selama ini," kata Penjabat Wali Kota Pariaman Roberia di Pariaman, Minggu.

Ia mengatakan Pilkada bukan hanya milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) atau Pemkot Pariaman saja namun juga milik warga sehingga seluruh elemen masyarakat di daerah itu wajib ikut menyukseskan pesta demokrasi tersebut.

Menurutnya menyukseskan pesta demokrasi tersebut tidak saja dengan datang ke tempat pemungutan suara untuk memilih pemimpin sesuai hati nurani namun juga menjaga pelaksanaannya agar lancar dan damai.

"Jangan ada setetes darah pun yang jatuh di bumi Pariaman untuk memilih seorang pemimpin," katanya.

KPU Pariaman telah meluncurkan tahapan Pilkada serentak 2024 yang kegiatan itu dilaksanakan di Rumah Tabuik Pasa pada Sabtu (15/6) malam.

Roberia menyampaikan apresiasinya kepada warga karena telah ikut meramaikan dan memeriahkan peluncuran tahapan Pilkada Serentak di daerah itu.

Sementara itu, Ketua KPU Pariaman Ali Unan mengatakan pihaknya telah menjalankan sejumlah tahapan pada Pilkada 2024 di daerah itu di antaranya pemilihan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

"PPK dan PPS tersebut tidak saja untuk pelaksanaan Pilkada namun juga pemungutan suara ulang untuk DPD RI yang akan dilaksanakan pada 13 Juli 2024," ujarnya.

Selain peluncuran tahapan, pada kesempatan itu juga diperkenalkan maskot Sitambua sebagai ikon Pilkada serentak 2024 Kota Pariaman.

Diketahui sebanyak 37 provinsi, kemudian 508 kabupaten dan kota yang akan menyelenggarakan Pilkada Serentak 2024.